Tubo Sendana Juarai Lasqi Majene 2019

Facebook
WhatsApp

Bahagia, itulah ekspresi yang diungkapkan kontingen kecamatan Tubo Sendana karena berhasil menyabet juara pertama bintang vokalis Lasqi (Lembaga Seni Qasidah Indonesia) tingkat kabupaten Majene, pada malam grand final yang digelar pada selasa malam, 19 februari 2019, di pelataran Boyang Assamalewuang, Majene.

Pemilihan bintang vokalis Lasqi yang dihelat selama 3 hari dari tanggal 17 sampai 19, diikuti 24 vokalis usia 16 sampai 28 tahun dari 8 kecamatan se-kabupaten Majene, dimana masing-masing kecamatan mengutus 3 orang vokalis. setelah seleksi selama 2 malam, telah tereliminasi 14 orang, dan pada malam grand final, menyisakan 10 vokalis.

Dengan diiringi organ tunggal yang melantunan musik bernuansa Timur Tengah,  setiap peserta menyanyikan 2 lagu, 1 lagu wajib, jamila, dan 1 lagu pilihan yang dipilih sendiri oleh peserta. Diiringi 2 orang backing vokal, dengan penuh percaya diri setiap vokalis unjuk kebolehan dihadapan ratusan penonton, sementara pendukungnya berdiri bersorak dan bergoyang sesuai irama lagu.

Penentuan pemenang ditentukan oleh 4 orang juri yang memberikan penilaian berdasarkan tekhnik vokal, intonasi dan suara, ekspresi wajah penghayatan dan sikap, kostum keserasian pakaian, harmonisasi nada dan instrumen serta penguasaan panggung. Dari kriteria tersebut juri mencatat beberapa kesalahan seperti lupa lirik, sumbang, telat masuk (harmonisasi musik), dan kurang powerfull dalam membawakan lagu.

Dari penilaian tersebut, Kontingen Tubo Sendana menjadi juara pertama, disusul Malunda, dan Banggae. Pamboang menempati posisi harapan satu, disusul Sendana, dan Banggae Timur, sementara favorit satu ditempati Malunda, disusul Tammero’do, Ulumanda dan Banggae.

Selain dimeriahkan penampilan peserta, acara juga diselingi dengan pengundian doorprize. Dengan dipandu oleh 2 orang MC yang kocak yang mem’bully’ penerima doorprize dan pengundi, sukses menghibur orang-orang yang antusias menunggu undian berharap nomor kuponnya terpilih.

Malam grand final selain disaksikan ratusan warga masyarakat, juga tampak hadir ketua dewan Lasqi Majene, Dra. Hj. Fatmawati Fahmi, MM. Dalam penyampaiannya, Fatmawati berharap agar para peserta terus meningkatkan kemampuan agar nantinya bisa mewakili Majene di perlombaan Lasqi di level yang lebih tinggi.

Para vokalis yang menjadi juara pertama, kedua, dan ketiga malam ini, nantinya akan ditampilkan untuk menghibur masyarakat pada malam penutupan lomba STQ (Seleksi Tilawatil Quran) ke-27 tingkat kabupaten Majene, Sabtu malam, 23 Februari 2019.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *