Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kabupaten Majene Melakukan moral suasion untuk membentuk ekspektasi masyarakat atas harga dan ketersediaan bahan pangan pokok berupa Himbaun kepada masyarakat baik melalui media atau tokoh masyarakat/tokoh agama untuk melakukan konsumsi secara wajar serta bijak berbelanja. Belanja merupakan hal rutin yang dilakukan oleh setiap orang. Baik harian, mingguan ataupun bulanan. Kegiatan tersebut sangat menyenangkan dan tidak heran banyak yang menjadi boros pengeluarannya.

Mengingat Inflasi itu tidak semata terkait pasokan dan permintaan komoditas, inflasi juga terkait perilaku masyarakat. Perilaku konsumsi yang berlebihan hal ini memacu terjadinya inflasi, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membelanjakan uangnya, maka TPID majene memasang beberapa iklan layanan Masyarakat berupa ajakan agar Masyarakat lebih bijak dalam berbelanja hal tersebut juga merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Nomor EK.2.1/85/M.EKON/04/2019 tanggal 08 April 2019 serta surat Edaran Bupati Nomor 500/491/2019 tanggal 3 Mei 2019 perihal Menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M

Selain pemasangan Baliho/papan reklama pada titik-titik yang dianggap efektif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakan, Iklan Radio, TPID Majene juga akan merilis Iklan berupa Video singkat ajakan bijak dalam berbelanja. Dalam video tersebut disertai Testimoni Bupati Majene sebagai Ketua TPID memberikan himbauan agar masyarakat bijak dalam berbelanja serta menghindari penimbunan barang, sementara itu wakil bupati lukman dalam menghimbau masyarakat bijak berbelanja agar harga-harga stabil sehingga masyarakat bisa lebih hemat dalam berbelanja. Sementara itu Sekda majene selaku ketua harian TPID mengajak masyarakat untuk lebih cerdas dan bijak dalam berbelanja supya tidak memborong guna menghidari kelangkaan barang.

   

Sumber : Irwan Susanto (Bapeda Kab. Majene)

Facebook
WhatsApp