Ketua Koperasi Putra Sejahtera Blitar bersama Ketua Gapoktan Kan Rufi Kabupaten Majene menandatangani perjanjian kerja sama untuk komoditi jagung. Perjanjian kerjasama, yang merupakan hasil tindak lanjut perdagangan antar daerah oleh TPID Majene dan TPID Blitar ini, di teken di rumah makan Dapur Mandar Pamboang setelah sebelumnya dilaksanakan forum Group Diskusi (FGD)
di lokasi kebun jagung Desa Binanga Kecamatan Sendana. Penandatangan berkas kerjasama tersebut disaksikan langsung Bupati Majene Fahmi Massiara bersama Bupati Blitar Irijanto bersama rombongan pada jumat 7 Desember 2018.

Beberapa poin kerjasama yang disepakati, bahwa koperasi putra Blitar bersedia membeli jagung dari gapoktan Kan Rufi Majene, kemudia harga, kwantitas dan kwalitas serta model pembayaran akan dibicarakan lebih lanjut secara teknis pada triwulan pertama tahun 2019. Sementara Gapoktan Rufi bersedia mengirimkan jagung ke koperasi putra di Blitar, sementara untuk harga awal yang disepakati, merujuk pada Permendag Nomor 96 tahun 2018 dengan sistem semesteran.

Sebelum kesepakatan di capai, kedua belapihak terlibat pembicaraan yang alot namun tetap mendapat mengarahan dari Bank Indonesia perwakilan Sulbar dan Kediri, serta bersama TPID majene dan TPID Blitar.

Bupati Majene yang juga ketua TPID Majene Fahmi Massiara mengatakan, kerjasama yang terjalin antara Koprasi Blitar dan Gapoktan Rufi Majene patut disambut baik. Ia berharap kedepan bukan hanya komoditas jagung tapi komoditas lainya yang cukup menjanjikan.
“Setelah penandatangan antara koperasi Blitar dan Gapoktan Majene ini yang merupakan MoU b to b maka ke depan akan kita tindak lanjuti dengan MoU G to G yang tidak menutup kemungkinan bukan hanya komoditi jagung tapi komoditi lain pun memiliki peluang yang sangat menjanjikan “ tutur Fahmi massiara.

Sumber : https://humas.majenekab.go.id/2018/12/08/tpid-majene-blitar-fasilitasi-peternak-unggas-dan-petani-jagung-teken-perjanjian-kerjasama/