Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Majene selaku ketua tim sekretariat TPID, Hj. Andi Adlina Basharoe menghadiri Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) seluruh Indonesia Tahun 2019 di Hotel Kartika Chandra Jakarta, pada Kamis, 21 November 2109.

Rakorpusda TPID 2019 kali ini mengangkat tema Sinergi dan inovasi dalam mendukung ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan di daerah.

Dalam rapat ini juga dikemukakan mengenai empat hal yang penting dalam yang harus selalu diperhatikan oleh TPID yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif.

“Diharapkan agar TPID memberi jaminan dalam mendukung ketersediaan pangan di daerah, untuk itu daerah di tuntut mengoptimalkan infrastruktur pangan dan logistik, mengembangkan model kerjasama perdagangan antar daerah, meningkatkan teknologi untuk pemasaran dan lainnya. Lakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) keberhasilan TPID daerah lain, dan sinkronkan program road map TPID dalam lembaran perencanaan dan anggaran di daerah,” kata Andi Adlina Basharoe

Rakorpusda ini dilanjutkan dengan diskusi panel. Rakorpusda TPID 2019 dibuka oleh Dirjen Bina Bangda Kemendagri, Ir. Hudori, M.Si mewakili Menteri Dalam Negeri dan menghadirkan narasumber pejabat eselon I Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP), diantaranya Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko RI, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, dan Deputi bidang ekonomi kementerian PPN/BAPPENAS

Kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Keuangan Daerah, Sekda, para Asisten, pejabat KPW Bank Indonesia, Kepala Biro Perkonomian, Kabag Perekonomian dari tiap daerah.

(diskominfomajene) berdasar laporan Irwan Susanto (Bapeda Majene)