Majene – Wakil Bupati Majene Arismunandar memimpin apel peresmian kantor pencarian dan pertolongan (Basarnas) Provinsi Sulawesi Barat Unit Siaga SAR Kabupaten Majene, Selasa 19 Juli 2022.

Peresmian dilaksanakan di Stadion Prasamya Mandar Majene bersama

Kepala Kantor Basarnas Mamuju dan disaksikan langsung Sekda Majene, Dandim 1401, Kapolres Majene, Kepala BPBD, Kepala BMKG Majene dan Kadisdikpora Majene.

Arismunandar mengatakan bahwa tenaga personil Basarnas sangat dibutuhkan di Kabupaten Majene dalam melakukan pencarian dan pertolongan.

“Majene merupakan salah satu wilayah dengan potensi bencana yang cukup tinggi, sehingga kehadiran Tim SAR merupakan suatu kepatutan,” katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Muh. Arif Anwar membenarkan besarnya potensi kecelakaan bencana dan musibah di wilayah Sulawesi Barat.

“Peresmian Kantor Unit SAR di Kabupaten Majene merupakan langkah nyata respon time untuk melakukan pertolongan kemanusiaan bagi yang memerlukan bantuan SAR di Majene,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa tugas tim SAR sangat berat sementara sangat terbatas dari segi sumber daya sehingga sinergitas seluruh pihak, TNI, Polri, Pemda dan organisasi masyarakat sangat dibutuhkan.

“Untuk menunjang tugas di Kantor Unit SAR Kabupaten Majene tim yang bertugas telah dilengkapi dengan berbagai peralatan lengkap, seperti unit Resque 1 unit, RIB Bermesin 500 PK 1 unit, Alat Diving 2 Set dan Alat Penunjang Lainnya,” jelasnya.

Usai peresmian dilakukan juga simulasi Collapsed Structure Search & Rescue (CSSR) yang melibatkan 8 personil Basarnas, 29 personil PSC 29, 10 personil Pramuka Peduli, dan 2 personil SAR Malaqbi. Mereka mensimulasikan pertolongan dua warga di lokasi reruntuhan gempa dengan kekuatan 6.2 Magnitudo.