Majene – Merayakan kenaikan dan kelulusan siswa-siswi, 25 Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Sendana Kabupaten Majene menyelenggarakan kegiatan perkemahan di Lapangan Bura Sendana, Rabu (22/06/2022).

“Penyelenggaraan perkemahan ini merupakan program tahunan sekolah tingkat SD sederajat,” kata Subri Kano, Ketua Panitia Pelaksana. “Selain menamatkan siswa setelah mendapat kelulusan juga menjadi ajang Silaturahmi antar pihak sekolah dan orang tua siswa.”

Selain penamatan siswa kelas 6, dilaksanakan juga kegiatan lain, yaitu khataman Alqur’an, arak-arakan Saeyyang Pattu’du, (Kuda Menari) dan beberapa kegiatan lainnya.

Meramaikan kegiatan arak-arakan khataman Alquran saeyyang pattudu, Bupati Majene Andi Achmad Syukri yang meninjau acara perkemahan tersebut menyempatkan diri menunggang kuda. Kegiatan itu merupakan salah satu tradisi budaya dan religi yang masih lestari hingga kini.

Andi Syukri mengapresiasi terselenggaranya kegiatan khataman Alquran yang membuktikan kepedulian besar terhadap pendidikan agama dan baca tulis Alqur’an di Bumi Assamalewuang.

“Bagi anak-anak yang telah mengkhatamkan Alqur’an yang telah diarak dengan saeyyang pattudu, saya pesankan untuk terus rajin membaca Alqur’an dan berusaha memahami makna dan ajaran yang terkandung di dalamnya, rajinlah beribadah karena ibadah itu sumbernya dari Alqur’an,” pesannya.

Ia juga mengingatkan para orang tua, untuk terus membina anak-anak dalam membaca Alqur’an, agar anak lebih bermasyarakat.

“Pemerintah Daerah Majene akan terus mendorong kegiatan pembinaan keagamaan sehingga bisa mewujudkan salah satu visi misi pemerintah yaitu Majene religius,” tutupnya.