Pemkab Majene Salurkan Alsintan, Bibit Kambing, Bibit Jagung dan Sarana Penangkapan Ikan

Upacara Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten Majene Tahun 2018

Bantuan pemerintah pusat di sektor kelautan, pertanian dan peternakan kembali di salurkan melalui pemerintah kabupaten Majene. Bertepatan pada upacara hari kesadaran nasional 17 juli 2018, Bupati Majene Fahmi Massiara menyerahkan secara secara simbolis kepada penerima bantuan di halaman kantor bupati Majene. Bantuan yang di serahkan berupa alat mesin pertanian (alsintan) jenis cultivator sebanyak 15 unit, bibit ternak kambing etawah F1 bagi 15 orang penerima serta menyalurkan bibit jagung varietas bisi 2, varietas pertiwi dan varietas bima 10 dan bima 20 JH21  kepada delapan  petani/kelompok tani. Pengadaan bantuan  tersebut bersumber dari anggaran APBN tahun 2018 di Kementrian Pertanian RI, dan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

Bupati Majene Fahmi Massiara mengatakan, bantuan yang diterima tidak secara otomatis didapatkan, namun melaui usaha, permohonan dan negosiaisi yang baik.” Sejak tahun lalu kita bermohon kepemerintah pusat dan saat ini kita bisa terima, semoga yang menerima bisa memanfaatkan dengan baik dan menambah semangat untuk bekerja” terangnya.

 

Untuk bantuan ternak kambing etawa FI, merupakan jenis kambing yang berkualiatas dengan bobot besar. Dipasaran nilai harga kambing tersebut mencapai Rp 20 juta per ekor. Rencanaya, dinas terakit akan melakukan kawin silang antara bibit etawa dengan kambing lokal sehingga nanti akan menghasilkan jenis yang khusus di Majene.

Bantuan Benih jagung kepada kelompok tani, bertujuan untuk peningkatan produksi melalui penambahan areal tanam baru dengan menggunakan benih unggul bermutu. Hal tersebut sejalan dengan program pengembangan 10.000 Ha dengan pemanfaatan lahan tidur dan optimalisasi pemanfaatan lahan melalui integrasi tanaman perkebunan dalam mewujudkan revolusi hijau.Jumlah penerima bantuan benih jagung hibrida sebanyak 733 kelompok. Rencana luas lahan yang akan ditanami mencapai 2.263 ha dengan kebutuhan benih sebanyak 303.930 ton dan menyebar di delapan kecamatan.

Sementara untuk penyerahan bantuan sarana penagkapan ikan berupa alat penangkap ikan rawai dasar.  Ada empat paket yang diserahkan,  dimana masing-masing paket terdapat 1.000 pancing. Bantuan tersebut diberikan Fahmi kepada anggota koprasi primer persatuan nelayan tradisional Indonesia (PNTI). Fahmi berharap  bantuan sarana penangkapan ikan tersebut akan dimanfaatkan oleh penerima bantuan untuk meningkatan produktivitas penangkapan dan mutu hasil tangkapan. Selain itu, juga dimaksudkan agar nelayan menggunakan alat penagkapan ikan yang ramah lingkungan sehinga populasi ikan dan tetap terjaga.

 

Sumber: https://humas.majenekab.go.id/2018/07/17/pemkab-majene-salurkan-alsintan-bibit-kambing-bibit-jagung-dan-sarana-penangkapan-ikan/

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.