Majene- Para Petani di Desa Buttu Pamboang, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat menggelar panen raya bawang merah, Senin(7/2/2022).

 

Dari hasil diskusi dengan para petani, masih terdapat permasalahan yang dihadapi petani yaitu dalam budidaya dan pasca panen. Permasalahan dalam budidaya, petani mengaku masih kesulitan dalam peralatan tani dan meminta kepada Pemerintah untuk melakukan perbaikan jalan agar lahan panen bawang lebih mudah di akses dan dapat dijangkau dengan roda empat.

 

 

seperti yang diketahui, bibit yang di tanam para petani ini berasal dari Pemerintah Desa, sehingga Ketua Kelompok Tani Maneba’bar ini sangat berharap perhatian Pemerintah Pusat dan Kabupaten dalam melalukan perbaikan jalan.

Untuk bawang merah, Kelompok Tani Maneba’bar ini mampu panen hingga 10 ton dari 2 hektar lahan panen bawang.
Menurut Ketua Kelompok dan Penyuluh Pertanian mengaku merasa puas dengan hasil panennya.

“Kwalitas bawang merah yang dipanen sangat bagus karena bibit ini merupakan bibit yang berkwalitas dari Pemerintah Desa”, pungkas Penyuluh Pertanian.

Sementara itu, Plt. Kadis Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Ir.H. Achmad Rafly Nur, menyampaikan arahan dan motivasi kepada para petani dan mendorong agar setiap tahun dapat semakin meningkat, ia juga berterimakasih kepada Pemerintah Desa dan penyuluh pertanian karena telah membantu para petani yang ada di Desa Buttu Pamboang.
Disisi lain, dirinya menyampaikan, agar para petani di Desa Buttu Pamboang ini saling membantu berbagi ilmu demi meningkatkan produktivitas dan komoditas pertanian.

Kepala Desa Buttu Pamboang juga menambahkan, bahwa Pemerintah Desa telah memberikan bantuan 5 ton bibit yang tersebar di beberapa kelompok tani.

Acara panen raya ini dihadiri langsung oleh Plt. Kadis Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Penyuluh pertanian, Kades Buttu Pamboang, Kades Banua Adolang dan para Kelompok Tani.