Untuk memajukan kerajinan Kabupaten Majene, Ketua Dekranasda Kabupaten Majene Fatmawati Fahmi menghadiri langsung rakernas yang dibuka oleh Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla. Dekranasda Kabupaten Majene menjadi salah satu peserta Rakernas Dekranas 2019, yang digelar di gedung A H Nasution, kantor Kementrian Pertahanan, Jakarta (10/9). Kementerian Pertahanan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Dewan Nasional (Rakernas Dekranas) 2019 dengan tema Bekerja Dengan Hati Untuk Memajukan Kerajinan Indonesia.

      

Rakernas dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Harian Dekranas Erni Tjahjo Kumolo, dan Megawati Soekarno Putri sebagai keynote speech,. Turut hadir Ketua Dekranasda Provinsi se-Indonesia, Ketua Dekranasda kab/kota kab/kota se-Indonesia.

Kepala SMP Negeri 4 Majene itu menjelaskan, satu agenda Dekranas untuk mengevaluasi program, baik yang dilaksanakan oleh pungurus pusat, maupun daerah provinsi dan kabupaten/kota kita berharap kedepannya kerajinan asal kabupaten majene dapat tampil di ajang nasional hingga dikenal ke penjuru nusantara yang yang tentunya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan para pengrajin.

  

Ketua Dekranasda Kabupaten Majene Fatmawati Fahmi mengungkapkan dengan adanya kegiatan Rakernas dapat mendapatkan solusi dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pengrajin yang ada di daerah, dan terjalin kerjasama antara pemerintah pusat dengan Dekranasda dan pihak ketiga seperti perbankan, BUMN dan perusahaan swasta (CSR).
“Rakernas ini juga dilaksanakan untuk memberikan arah kebijakan tentang pengembangan indutri kecil menengah di daerah yang secara bersama bersinergi dengan program Dekranas pusat,” ujarnya.

Rakernas kali ini dirangkaikan dengan pameran, dalam kesempatan ini dekranasda kabupaten majene memperkenalkan sutra tenun khas Mandar

 

Ada 5 program.kerja Dekranasda kab. Majene :
1. Program Kesekretariatan
2. Program pengebangan produk usaha
3. Program pengembangan inovasi dan kreasi produk kerajinan
4. Program partisipasi dekranasda dalam pameran kerajinan
5. Program peningkatan informasi dan publikasi kerajinan

Program kerja Dekranasda Kab. Majene kedepannya harus memperkuat kerajinan khas daerah dan kearifan lokal.

Bentuk kecintaan produk unggulan daerah yakni sutra mandar, ketua Dekranasda Kab. Majene setiap harinya menggunakan busana dengan berbahan sutra mandar sebagai bentuk publikasi dan menyebar luaskan informasi tentang kerajinan sutra mandar.

Semoga tahun depan Kab. Majene bisa ikut dan berpartisipasi dalam kegiatan pameran dekranasda tingkat nasional