KECAMATAN

 

Bagian Pertama

Susunan Organisasi

 

  • Susunan organisasi Kecamatan, terdiri dari :
  1. Camat;
  2. Sekretariat, terdiri dari;
  3. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan;
  4. Sub Bagian Kepegawaian, Keuangan, Umum dan Perlengkapan.
  5. Seksi Tata Pemerintahan;
  6. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Kelurahan;
  7. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  8. Seksi Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup.
  9. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

  • Bagan Struktur Organisasi Kecamatan sebagaimana tercantum dalam lampiran XXXI dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Peraturan Bupati ini.

 

 

 

 

Bagian Kedua

Tugas Pokok dan Fungsi

 

Camat

 

  • Kecamatan dipimpin oleh seorang Camat yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala daerah dalam menyelenggarakan tugas umum pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan, dalam wilayah kecamatan sesuai sebagian kewenangan yang dilimpahkan.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok Camat mempunyai fungsi, meliputi :
  1. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  2. Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  3. Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  4. Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  5. Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ditingkat Kecamatan;
  6. Pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Desa/Kelurahan;
  7. Pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan Pemerintah Desa/ Kelurahan;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  9. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta menyampaikan laporan pelaksanaan tugas;

 

Sekretariat

 

  • Sekretariat  dipimpin oleh seorang sekretaris mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam melaksanakan tugas menyusun perencanaan, penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dalam wilayah kecamatan dan memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat/aparatur kecamatan dalam menyelenggarakan tugas pokok dimaksud.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok  sekretaris mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan/atau memfasilitasi kegiatan di bidang pemerintahan, ketentraman dan ketertiban, pembangunan masyarakat desa/ kelurahan, perekonomian, kesejahteraan rakyat, pemberdayaan masyarakat, pelayanan masyarakat serta pembinaan sekretariat Kecamatan sesuai dengan kewenangannya, meliputi :
    1. Bahan penyusunan RKA, DPA, dan dokumen perencanaan perumusan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah serta petunjuk pelaksanaan, petunjuk operasional dan petunjuk tekhnis pelaksanaan kewenangannya;
    2. Pelaksanaan, pengorganisasian, pemantauan dan pengendalian kebijakan yang meliputi : bidang umum dan administrasi kepegawaian, penatausahaan keuangan, pelayanan teknis  perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
    3. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas pokok dan fungsi secara berkala dan periodik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada atasan;
    4. Pemberian saran dan pertimbangan teknis kepada atasan tentang pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah;
    5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  • Sekretariat Kecamatan, terdiri dari :
    1. Sub Bagian Umum, Keuangan, dan Perlengkapan;
    2. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan.
  • Sub Bagian  masing-masing dipimpin oleh seorang kepala sub bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.
  • Sub Bagian Umum, Keuangan, dan Perlengkapan  mempunyai tugas pokok membantu sekretaris menyiapkan, menghimpun, dan mengelolah serta melaksanakan urusan dalam organisasi khususnya penatausahaan urusan kepegawaian, keuangan, umum dan perlengkapan.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok Kepala Sub Bagian Umum, Keuangan, dan Perlengkapan mempunyai fungsi, meliputi :
  1. Menyusun rencana kegiatan sub bagian keuangan
  2. Melaksanakan administrasi keuangan yang meliputi pembukuan, pertanggung jawaban dan verifikasi serta penyusunan perhitungan anggaran
  3. Menyelenggarakan penyusunan laporan dan pertanggung jawaban penyelenggaraan anggaran satuan kerja;
  4. Pengelolaan penyusun rencana anggaran rutin;
  5. Pelaksanaan penyusunan administrasi keuangan dan laporan keuangan;
  6. Pelaksanaan bimbingan dan pembinaan bendahara pengeluaran dan bendahara gaji;
  7. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  8. Pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

  • Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas pokok membantu sekretaris menyiapkan, menghimpun dan mengelolah serta melaksanakan urusan dalam organisasi khususnya penatausahaan urusan kepegawaian, keuangan, umum dan perlengkapan.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi, meliputi :
  1. Melaksanakan tata laksana urusan perencanaan, evaluasi dan pelaporan
  2. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dalam lingkup dinas;
  3. Penyusunan Rencana Kerja (Renja), Renstra SKPD, RKA SKPD, DPA SKPD, penetapan kinerja, LAKIP, LPPD;
  4. Pengumpulan, pengelolaan dan pengkajian data bahan evaluasi dan pelaporan;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Seksi

  • Seksi Tata Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang tata pemerintahan.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok  Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi membantu melaksanakan kegiatan di bidang tata pemerintahan, meliputi :
  1. Penyelenggaraan fasilitasi pemilihan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa;
  2. Pelaksanaan dan penyelenggaraan fasilitasi pemungutan atas pajak dan retribusi daerah di wilayah kerjanya;
  3. Penyelenggaraan fasilitasi kerjasama antar Desa/Kelurahan dan penyelesaian perselisihan antar Desa/Kelurahan;
  4. Pemberian fasilitas penataan Desa/Kelurahan dan penyusunan peraturan Desa;
  5. Pelaksanaan kegiatan administrasi kependudukan, inventarisasi aset daerah atau kekayaan daerah lainnya yang ada di wilayah kerjanya;
  6. Pemberian fasilitas penyelesaian sengketa tanah milik pemerintah daerah;
  7. Penyelenggaraan koordinasi dengan instansi atau unit kerja terkait;
  8. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  9. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  10. Pelaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

  • Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Kelurahandipimpin oleh seorang Kepala Seksi mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam menyiapkan, menghimpun dan mengelolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pemberdayaan masyarakat dan desa/kelurahan.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Kelurahan mempunyai fungsi, meliputi :
  1. Menyusun rencana seksi pemberdayaan keluarga dan masyarakat sesuai dengan rencana kerja kecamatan;
  2. Mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang);
  3. Melakukan pembinaan, pelayanan masyarakat di bidang kesejahteraan masyarakat (penyandang cacat, yatim piatu dan lansia);
  4. Membantu mengumpulkan dan menyalurkan dana/bantuan terhadap korban bencana alam dan bencana lainnya;
  5. Membantu pelaksanaan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan (PKK) dan organisasi kemasyarakatan lainnya;
  6. Mengumpulkan bahan dan menyusun laporan di bidang kesejahteraan masyarakat;
  7. Melakukan pembinaan terhadap pemberdayaan lembaga sosial masyarakat;
  8. Melaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

  • Seksi Ketentraman dan Ketertiban dipimpin oleh seorang Kepala Seksi mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam menyiapkan, menghimpun, dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang ketentraman dan ketertiban.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok  Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai fungsi, meliputi :
  1. Menyusun program dan melakukan pembinaan ketentraman dan ketertiban di kecamatan;
  2. Menyusun program dan pembinaan polisi pamong praja di kecamatan;
  3. Membantu menyelesaikan masalah-masalah ketentraman dan ketertiban di kecamatan;
  4. Melaksanakan koordinasi kegiatan sosial politik, ideologi negara, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat;
  5. Melaksanakanpembinaan wawasan kebangsaan dan perlindungan masyarakat
  6. Pelaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya;

 

  • Seksi Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup  dipimpin oleh seorang Kepala Seksi mempunyai tugas pokok menyusun rencana kegiatan, mengkoordinasikan, mengendalikan, memberi petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan kegiatan seksi ekonomi dan pembangunan, membantu camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan laporan urusan pembangunan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan ketentuan.
  • Dalam menyelenggarakan tugas pokok  Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup mempunyai fungsi, meliputi :
  1. Menyusun program peningkatan perekonomian, koperasi, produksi dan distribusi;
  2. Melakukan pembinaan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian, produksi dan distribusi;
  3. Mendorong swadaya dan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dan pelaksanaan pembangunan
  4. Membantu pelaksanaan koordinasi dalam pelaksanaan pembangunan serta menjaga dan memelihara prasarana fisik/infrastruktur di wilayah kecamatan;
  5. Menyusun program dan pembinaan lingkungan hidup;
  6. Mengunpulkan bahan dan menyusun pengadministrasian atau laporan di bidang perekonomian dan pembangunan melakukan administrasi perekonomian dan pembangunan;
  7. Menyusun program dan pembinaan dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan, penghijauan dan pengendalian pencemaran lingkungan;
  8. Melakukan pelayanan masyarakat di bidang pembangunan dan perekonomian serta membantu proses rekomendasi perizinan;
  9. Melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pembangunan perekonomian;
  10. Melakukan pembinaan kepada masyarakat di bidang kimpraswil, pertanian, peternakan, kelautan dan perikanan, koperindag, usaha kecil dan menengah dan golongan ekonomi lemah, kehutanan dan perkebunan, kepariwisataan;
  11. Membantu, membina dan menyiapkan bahan-bahan dalam rangka musyawarah lembaga perekonomian/koperasi yang ada;
  12. Melaksanakan pengawasan, penyaluran dan pengembalian kredit dalam rangka keberhasilan program produksi pertanian;
  13. Melakukan pencegahan atas pengembalian sumber daya alam tanpa izin yang dapat mengganggu serta membahayakan lingkungan hidup;
  14. Melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas di bidang pembangunan dan perekonomian.
  15. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.