Fahmi massiara (bupati selaku ketua TPID) aktif dalam menjalankan program-proram pengendalian inflasi di Kabupaten Majene salah satunya, dalam rangka untuk memantau ketersediaan bahan pokok jelang hari raya Idul Fitri 1440 H/2019 M di H-5 lebaran, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Majene melaksanakan monitoring langsung ke Pasar Sentral Majene Jl. Lanto Dg. Pasewang Pakkola, Jumat (31/5).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengarahkan ekspektasi masyarakat akan ketersediaan bahan pokok menghadapi hari besar keagamaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H di kabupaten Majene dalam kondisi mencukupi. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak berlomba-lomba membeli bahan pokok dalam jumlah yang melebihi kewajaran sehingga dapat menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga. Monitoring ini untuk memastikan pada masyarakat bahwa bahan pokok dalam kondisi aman menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M. Sehingga kondisi sosial, ekonomi dan politik di Kabupaten Majene tetap terjaga dengan baik.

Bupati Majene selaku Ketua TPID Kabupaten Majene menghimbau kepada masyarakat agar membeli bahan pokok secukupnya sesuai dengan kebutuhan demi menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi di Kabupaten Majene. Juga dihimbau kepada distributor bahan pokok untuk tidak melakukan penimbunan barang serta turut serta menjaga stabilitas harga agar tetap terjangkau oleh masyarakat, memang kita akui kalau ada beberapa komoditi mengalami kenaikan harga diantaranya bawang putih, bawang merah, cabe dan daging ayam, tapi hal tersebut tidak akan mempengaruhi inflasi namun kita akan efalusi setelah ada intervensi bawang putuh sebanyak 5 ton ternyata saat ini harga bergerak naik lagi.

Sementara itu kepala BPS Majene syihabuddin menyampaikan Dari beberapa komoditas yang ada diprediksi pada H-1 akan masih akan bergerak tapi setelah itu akan normal kembali, yang perlu kita menjadi perhatian komoditas daging ayam jangan sampai pasokan berkurang ke Majene karena hal tersrebut akan memicu harga akan naik seperti pengalaman lebaran tahun lalu yang stok ayam tidak ada, namun secara umum pasokan dan ketersediaan bahan pokok di Majene aman dan pasti akan normal kembali

Dalam acara ini turut hadir, Wakil Bupati Majene Lukman, Sekda Majene A. Sukri Tamalele Kapolres Majene Asri Efendi, Komandan Kodim 1401 Majene Ragung, Kepala BPS Syihabuddin, Bulog Majene M. Arif, serta seluruh kepala OPD se-Majene yang tergabung dalam TPID, serta Camat

Melalui pemantauan ini dapat diketahui bahwa ketersediaan bahan pokok di kabupaten Majene jelang Hari raya Idul Fitri 1440 H / 2019 M aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat.

Sumber : Irwan Susanto (Bapeda Kab. Majene)

Facebook
WhatsApp