Majene- Sesuai dengan amanat Permendagri No.86 Tahun 2017 yang menyebutkan pada pasal 48 ayat 1 dan pasal 80 ayat 1 bahwa dalam rangka finalisasi rencana awal RKPD Kabupaten Majene tahun 2023, perlu diselenggarakan forum konsultasi publik. Hal ini dimaksud agar perencanaan yang dibuat benar dapat menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap finalisasi penyusunan rencana awal RKPD Kabupaten Majene Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, Rabu(9/2/2022).

Forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Tahun 2023, juga dilaksanakan secara virtual melalui link zoom, acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati Majene, H.Andi Achmad Syukri Tammalele. Dalam sambutan pembukaan disampaikan bahwa dalam rangka finalisasi rencana pembangunan daerah perlu diawali dengan penyelenggaraan forum konsultasi publik.

Bupati Majene menjelaskan bahwa rencana dan pembangunan tidaklah menjadi tanggungjawab pemerintah semata, namun keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator pembangunan, “Melalui forum konsultasi publik ini saya harapkan, kita bersama mencari solusi terhadap permasalahan daerah yang kita hadapi, untuk itu saya harapkan hadirin sekalian untuk dapat memberi masukan konstruktif bagi pembangunan di tahun 2023”, Pungkas H.Andi Achmad Syukri Bupati Majene.

 

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan arahan kebijakan pembangunan tahun 2023 oleh kepala Bappeda Kabupaten Majene Hj.Andi Adlina Basharoe, serta diskusi untuk mendapatkan sarana dan masukkan dari peserta forum konsultasi publik yang dipandu oleh Muklis, S.KM, M.Kes Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat.

Berdasarkan beberapa isu strategis tersebut, maka tema pembangunan di Kabupaten Majene Tahun 2023 “Akselerasi Inklusifitas Pertumbuhan Ekonomi melalui Penguatan Ekonomi Kerakyatan menuju Majene yang Unggul dan Mandiri”

Untuk mewujudkan tema tersebut beberapa program Prioritas Daerah Tahun 2023 adalah
1. Penguatan ekonomi kerakyatan yang bebasis potensi lokal
2. Peningkatan produktifitas hasil pertanian
3. Pengembangan industriliasi, agribisnis dan agroteknologi
4. Peningkatan produktifitas dan industrilisasi produk perikanan
5. Menciptakan kemudahan akses lapangan kerja
6. Pengendalian harga kebutuhan produk
7. Pembangunan infrastruktur yang merata dan berkawasan lingkungan
8. Peningkatan kualitas perumahan dan kawasan pemukiman.

Acara ini dihadiri oleh Unsur Pimpinan DPRD, Sekda Majene, unsur forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kapolres Majene, Kejari Majene, Dandim, Para Staf Ahli, Para Asisten Lingkup Setda Majene, Para Camat se Kabupaten Majene, para Fasilitator, LSM, Media dan Akademisi.