Fahmi : Perpustakaan Sekolah Jangan Jadi Gudang Buku Saja

Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Majene

Salah satu perangkat penting yang ada di sekolah, yakni keberadaan perpustakaan sebagai sarana untuk menambah ilmu bagi siswa-siswinya, termasuk para tenaga pengajar. Namun keberadaan perpustakaan nyatanya belum sepenuhnya berbanding lurus dengan peningkatan minat baca para siswa.  Bukan hanya karna faktor kesiapan koleksi buku ditengah pengaruh pesatnya perkembangan teknologi informasi, namun juga pengelolaan perpustakaan yang ada disekolah bersangkutan.

Bupati Majene Fahmi Massiara bahkan mengatakan selama ini perpustakaan nampak sebagai gudang buku, dan belum di fungsikan secara maksimal sebagai pusat sumber belajar. Katanya, perpustakaan saat ini disebut “hidup segan mati tak mampu” . “ kalau menengok kondisi beberapa perpustakaan sekolah, kita menemukan masih banyak perpustakaan sekolah yang tidak terurus “ jelasnya,  saat pelatihan pengelolaan perpustakaan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan kabupaten Majene 29 Agustus 2018, yang bertempat di Aula B Nusabila Lembang.

Fahmi menyarankan agar setiap sekolah termasuk para tenaga pustaka berfikir kreatif untuk meningkatkan minta baca di sekolahnya. Misalnya dengan memberikan reward bagi pengunjung yang paling rajin membaca di perpustakaan. “ bagaimana caranya siswa-siswi bisa membaca diperpustakaan, kalau belum bisa rutin setidaknya sudah ada kemauan untuk masuk ke perpustakaan “ terangnya.

Ia berharap kegiatan pelatihan pengelolaan perpustakaan akan menjadikan perpustakaan sekolah menjadi suatu perpustakaan professional. Meski diakui tidak akan serta merta dapat diwujudkan dalam waktu singkat. Namun untuk mencapai tujuan tersebut  dibutuhkan  upaya dan dukungan menyeluruh dari segenap elemen, mulai dari kepala sekolah, guru dan orang tua.

Acara pelatihan tersebut di ikuti 50 orang peserta, yang merupakan tenaga pustakawan dari SD, SMP se kecamatan Banggae dan Banggae Timur. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut,  untuk meningkatkan wawasan dalam pengelolaan guna memperbaiki kondisi perpustakaan yang dibina di sekolah untuk lebih professional.

 

Sumber : https://humas.majenekab.go.id/2018/08/29/fahmi-perpustakaan-sekolah-jangan-jadi-gudang-buku-saja/

Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published.