• Dinas Perpustakaan dan Kersipan, terdiri dari:
  1. Kepala Dinas;
  2. Sekretaris, membawahkan:
    1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
    2. Sub Bagian Keuangan;
    3. Sub Bagian Perencanaan.
  3. Bidang Pelayanan dan Perpustakaan dan Arsip, terdiri dari:
    1. Seksi Pelayanan Perpustakaan;
    2. Seksi Pelayanan Arsip;
    3. Seksi Pengembangan dan Peningkatan Minat Baca.
  4. Bidang Perpustakaan, terdiri dari:
    1. Seksi Pengolahan Bahan Pustaka dan Informasi;
    2. Seksi Pembinaan Perpustakaan;
    3. Seksi Pengembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka.
  5. Bidang Kearsipan, terdiri dari:
    1. Seksi Pengelolaan Arsip;
    2. Seksi Pembinaan Kearsipan;
    3. Seksi Pelestarian Arsip.
  6. Bidang Pembinaan dan Pengawasan, terdiri dari:
    1. Seksi Pembinaan;
    2. Seksi Pengawasan.
  7. Kelompok Jabatan Fungsional.
  • Bagan struktur organisasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagaimana tercantum dalam Lampiran IX dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Peraturan Bupati ini.
  1. menyusun rencana dan program kerja Bidang;
  2. mengkoordinasikan program kerja masing-masing Kepala Seksi;
  3. mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
  4. menilai prestasi kerja bawahan;
  5. melaksanakan layanan jasa perpustakaan dan informasi layanan kerjasama perpustakaan dan otomasi, layanan bibliografi dan literature;
  6. merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bahan arsip
  7. melaksanakan upaya peningkatan minat dan budaya baca melalui promosi perpustakaan;
  8. memasyarakatkan dan meningkatkan minat baca masyarakat melalui kerjasama antar instansi/lembaga terkait;
  9. melaksanakan silang layan perpustakaan;
  10. melaksanakan Pelayanan Bahan Pustaka;
  11. melaksanakan pengolahan dan pelaporan statistik kegiatan pelayanan bahan arsip;
  12. melaksanakan sistem pengendalian intern;
  13. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  14. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.
  1. Menyusun rencana dan program kerja Seksi;
  2. Memberi petunjuk kepada bawahan;
  3. Menilai prestasi kerja bawahan;
  4. Melaksanakan seleksi bahan pustaka dan informasi baik terbitan daerah maupun umum;
  5. melaksanakan pengadaan semua jenis bahan pustaka baik terbitan daerah maupun umum sesuai sistem/metode yang diberlakukan;
  6. Melaksanakan penerimaan, pengumpulan, pengolahan dan klasifikasi semua jenis bahan pustaka serta pemanfaatan terbitan daerah sebagai hasil budaya bangsa baik tertulis, tercetak maupun terekam;
  7. Melaksanakan pengolahan bahan pustaka, terbitan daerah baik tertulis, tercetak maupun terekam, dan menyusun kelengkapan supplics kartu buku sampai buku siap dilayankan;
  8. Melaksanakan penerimaan, pengumpulan, pengolahan dan pemanfaatan terbitan daerah sebagai hasil budaya bangsa baik tertulis, tercetak maupun terekam;
  9. Melaksanakan penyusunan bibliografi daerah, karya cetak dan karya rekam, indek artikel/majalah, abstrak penelitian, klipping koran/majalah, katalog induk daerah dan literatur sekunder lainnya;
  10. Melaksanakan dan menyusun katalogisasi berbasis informasi teknologi;
  11. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama antar seksi dalam bidang;
  12. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  14. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
  15. Menyusun rencana dan program kerja Seksi;
  16. Memberi petunjuk kepada bawahan;
  17. Menilai prestasi kerja bawahan;
  18. Mendata seluruh penerbit karya cetak dan karya rekam baik terbitan pemerintah, swasta maupun perorangan yang ada di daerah;
  19. Melaksanakan hunting (pelacakan) karya cetak dan karya rekam terbitan daerah mengenai majene;
  20. Melaksanakan penerimaan, pengumpulan, pengolahan, dan pemanfaatan terbitan daerah sebagai hasil budaya bangsa baik tertulis, tercetak maupun terekam;
  21. Melaksanakan penyusunan dan penataan koleksi Perpustakaan;
  22. Melaksanakan kerjasama penerbitan buku, majalah dan media informasi lainnya mengenai Kabupaten Majene dengan pihak terkait;
  23. Melaksanakan penyusunan bibliografi daerah, karya cetak dan karya rekam, indek artikel/majalah, abstrak penelitian, klipping koran/majalah, katalog induk daerah dan literatur sekunder lainnya;
  24. Melaksanakan pengembangan pembinaan dan stimulasi pada semua jenis perpustakaan yang ada di daerah;
  25. Melaksanakan pelatihan teknis tenaga pengelola perpustakaan umum, perpustakaan sekolah dan perpustakaan khusus;
  26. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama antar seksi dalam bidang;
  27. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  28. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  29. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
  30. Dalam melaksanakan tugas pokok  Kepala Seksi Pengembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka mempunyai fungsi, meliputi:
  31. Menyusun rencana dan program kerja Seksi;
  32. Memberi petunjuk kepada bawahan;
  33. Menilai prestasi kerja bawahan;
  34. Melaksanakan koordinasi pengembangan perpustakaan di daerah;
  35. Melaksanakan penyediaan kelengkapan pemeliharaan dan pelestarian bahan pustaka;
  36. Melaksanakan pemeliharaan, perawatan, perbaikan, penyimpanan dan pelestarian bahan pustaka, terbitan daerah baik tertulis, tercetak maupun terekam;
  37. Melaksanakan alih media bahan pustaka yang bernilai sejarah, naskah kuno dan buku langka dalam bentuk digital (digitasi) dalam rangka pelestarian;
  38. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama antar seksi dalam bidang;
  39. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  40. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  41. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.

 

  1. Dalam melaksanakan tugas pokok Kepala Bidang Kearsipan mempunyai fungsi:
  2. Menyusun rencana dan program kerja bidang;
  3. Mengkoordinasikan program kerja masing-masing Seksi;
  4. Mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
  5. Menilai prestasi kerja bawahan;
  6. Menyelenggarakan telaahan persetujuan jadwal retensi san pemusnahan arsip;
  7. Menyelenggarakan pengelolaan arsip in aktif dan statis;
  8. Menyelenggarakan penyusunan dan pengelolaan daftar pertelaan dan daftar inventaris arsip;
  9. Menyelenggarakan pelaksanaan program pemeliharaan dan perawatan arsip danamis dan statis;
  10. Menyelenggarakan pelaksanaan layanan dan publikasi arsip;
  11. Menyelenggarakan alih media arsip;
  12. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  14. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Badan.
  15. Bidang Kearsipan, terdiri dari:
  16. Seksi Pengelolaan Arsip;
  17. Seksi Pembinaan Kearsipan;

Seksi Pemeliharaan dan Pelestarian Arsip

  • Seksi sebagaimana dimaksudpada masing-masing  dipimpin oleh seorang kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang
  • Kepala Seksi Pengelolaan Arsip mempunyai tugas tugas pokok: merencanakan kegiatan, memberi petunjuk, memberi tugas, membimbing, memeriksa/mengecek dan membuat laporan tugas yang meliputi pengelolaan, penilaian, pemindahan, pemusnahan kearsipan.
  • Dalam melaksanakan tugas pokok sebagimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Seksi Pengelolaan Arsip mempunyai fungsi:
  1. menyusun rancana dan program kerja seksi;
  2. memberikan petunjuk kepada bawahan;
  3. menilai prestasi kerja bawahan;
  4. melaksanakan pengelolaan arsip in aktif dan statis;
  5. melaksanakan penilaian, pemindahan dan pemusnahan arsip secara berkala;
  6. menyusun telaahan persetujuan jadwal retensi dan pemusnahan arsip;
  7. menerima, menata dan mendeskrifsi arsip;
  8. menyusun skema pengaturan dan penyimpanan arsip;
  9. melaksanakan manuver berkas arsip;
  10. melaksanakan pengelolaan daftar Pertelaan dan daftar Inventaris arsip;
  11. melaksanakan sistem pengendalian intern;
  12. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  13. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
  14. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagimana dimaksud diatas Kepala Sun Bidang Pembinaan Kearsipan mempunyai fungsi:
  15. menyusun rancana dan program kerja seksi;
  16. memberikan petunjuk kepada bawahan;
  17. menilai prestasi kerja bawahan;
  18. memberikan pembinaan layanan dan jasa teknis Kearsipan pada kegiatan yang sedang terlaksana;
  19. melaksanakan publikasi Kearsipan;
  20. melaksanakan pengembangan jaringan informasi kearsipan;
  21. melaksanakan alih media arsip;
  22. melaksanakan pameran dan pemasyarakatan kearsipan;
  23. melaksanakan sistem pengendalian intern;
  24. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan;
  25. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
  • Kepala Seksi Pemeliharaan dan Pelestarian Arsip mempunyai tugas tugas pokok: merencanakan kegiatan, memberi petunjuk, memberi tugas, membimbing, memeriksa/mengecek dan membuat laporan tugas yang meliputi pengelolaan, penilaian, pemindahan, pemusnahan kearsipan.
  • Dalam melaksanakan tugas pokok Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan mempunyai fungsi:
  1. menyusun rencana dan program kerja Bidang;
  2. mengkoordinasikan program kerja masing-masing seksi;
  3. mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
  4. menilai prestasi kerja bawahan;
  5. melaksanakan kebijakan di bidang pendidikan dan pelatihan, penelitian serta pembinaan dan pengembangan semua jenis perpustakaan dan arsip;
  6. melaksanakan kerjasama antara instansi dan lembaga terkait dalam rangka pembinaan perpustakaan;
  7. menyelenggarakan pembinaan dan pengawasan Perpustakaan dan kearsipan secara umum dilingkungan pemerintah kabupaten,kota, instansi vertikal, swasta dan perorangan;
  8. menyelenggarakan kajian dan pengembangan sumber daya kearsipan;
  9. menyelenggarakan kajian produk hukum kearsipan;
  10. menyelenggarakan telaahan arsip tertentu yang bersifat terbuka dan atau tertutup;
  11. melaksanakan pemasyarakatan jabatan fungsional pustakawan dan arsiparis, penilaian angka kredit dan akreditasi jabatan fungsional pustakawan dan arsiparis;
  12. melaksanakan sistem pengendalian intern;
  13. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  14. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.