Bagan Struktur Organisasi Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Klik di sini)

Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga, terdiri dari:

  1. Kepala Dinas;
  2. Sekretariat, terdiri dari:
    1. Sub Bagian Perencanaan;
    2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
    3. Sub Bagian Keuangan.
  3. Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal, membawahkan:
    1. Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    2. Seksi Kelembagaan, Sarana dan Prasarana.
  4. Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, membawahkan:
    1. Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar;
    2. Seksi Seksi Kelembagaan, Sarana dan Prasarana;
    3. Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter.
  5. Bidang Pemuda dan Olahraga, membawahkan:
    1. Seksi Pengembangan Potensi Kepemudaan;
    2. Seksi Pemberdayaan Keolahragaan dan Permainan Tradisional;
    3. Seksi Pembinaan Olahraga Prestasi.
  6. Bidang Pembinaan Ketenagaan, membawahkan:
    1. Seksi PTK PAUD dan Pendidikan Non Formal;
    2. Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar;
    3. Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Pertama.
  7. Kelompok Jabatan Fungsional;
  8. Unit Pelaksana Teknis Dinas.

Tugas Pokok dan Fungsi 

Kepala Dinas

 

Dinas pendidikan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas mempunyai tugas pokok membantu Kepala Daerah merumuskan konsep sasaran, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, membina, mengarahkan, mengevaluasi serta melaporkan pelaksanaan urusan Pemerintah daerah di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan sesuai dengan urusan Pemerintah yang menjadi kewenangan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Dinas Pendidikan mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Merumuskan dan menyusun program kerja sebagai acuan pelaksana tugas;
  2. Menyelenggarakan rencana strategis dan program kerja dinas;
  3. Mengarahkan dan merumuskan program kerja dinas dan menetapkan kebijakan operasional pendidikan, pemuda dan olahraga sesuai dengan kebijakan kabupaten, provinsi dan nasional;
  4. Membina pelaksanaan pengawasan melekat dilingkungan dinas;
  5. Memberi saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  6. Membina pelaksanaan tugas-tugas unit pelaksana teknis daerah, sanggar kegiatan belajar, satuan pendidikan non formal, pengawas, penilik dan pamong belajar;
  7. Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan;
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Bupati;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

Sekretariat 

 

Sekretariat dipimpin oleh seorang sekretaris mempunyai tugas pokok melaksanakan pelayanan teknis dan administrative serta koordinasi pelaksanaan tugas di lingkungan dinas pendidikan, pemuda dan olahraga.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, sekretaris mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan/atau memfasilitasi unsur manajemen satuan perangkat daerah bidang pendidikan khususnya urusan dalam, meliputi:

  1. Koordinasi penyusunan kebijakan, rencana, program, kegiatan dan anggaran di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga;
  2. Pengelolaan data dan informasi di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga;
  3. Kooordinasi dan pelaksanaan kerja sama di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga;
  4. Koordinasi Pengelolaan dan laporan Keuangan di lingkungan dinas pendidikan, pemuda dan olahraga;
  5. Penyusunan bahan rancangan Peraturan perundang-undangan dan fasilitasi bantuan hukum di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga;
  6. Pelaksanaan urusan organisasi dan tata laksana di lingkungan dinas pendidikan, pemuda dan olahraga;
  7. Pengelolaan kepegawaian di lingkungan dinas pendidikan, pemuda dan olahraga;
  8. Penyusunan bahan pelaksanaan urusan tugas pembantuan di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga yang meluputi usul kenaikan pangkat dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, serta pendataan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitasi pelaksanaan akreditasi pendidikan anak usia dini, pendidikan Dasar, dan pendidikan non formal, fasilitasi pelaksanaan kegiatan kesiswaan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitasi pengembangan karier pendidik, penyiapan bahan rekomendasi izin pendirian dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini kerja sama, sekolah Dasar nkerja sama, dan sekolah menengah pertama kerja sama, dan tugas-tugas pembantuan lainnya;
  9. Koordinasi dan penyusunan bahan publikasi dan hubungan masyarkat di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga;
  10. Koordinasi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga;
  11. Pengelolaan barang milik daerah dilingkungan dinas pendidikan, pemuda dan olahraga;
  12. Pelaksanaan urusan katatausahaan dan kerumahtanggaan di lingkungan dinas pendidikan, pemuda dan olahraga;
  13. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  14. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Sekretariat Dinas Pendidikandan Pemuda Olah Raga terdiri dari :

  1. Sub Bagian Perencanaan;
  2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  3. Sub Bagian Keuangan.

Sub Bagian masing-masing dipimpin oleh seorang kepala sub bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Kepala Sub Bagian Perencanaan, mempunyai tugas pokok membantu sekretaris dalam melaksanakan penyusunan perencanaan pendidikan, pemuda dan olahraga.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Sub Bagian Perencanaan mempunyai fungsi, meliputi :

  1. Penyiapan bahan Perumusan kebijakan, rencana, program, kegiatan dan anggaran;
  2. Pengelolaan data dan informasi Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga;
  3. Pemantauan dan evaluasi pelaksnaan rencana, program, kegiatan dan anggaran;
  4. Penyusunan RENSTRA, RENJA, TAPKIN, PRA RKA, RKA, DPA Pokok dan Perubahan;
  5. Penysunan laporan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga berupa : LAKIP, LPPD dan lain – lain;
  6. Penyusunan Kalender Pendidikan;
  7. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran perimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  8. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok membantu sekretaris menyiapkan, menghimpun, dan mengelolah serta melaksanakan urusan dalam organisasi,khususnya penatausahaan urusan rumah tangga dan kepagawaian.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Urusan ketatausahaan, kerumahtanggaan, organisasi, ketatalaksanaan, penyusunan bahan rancangan Peraturan perundang-undangan, fasilitasi bantuan hukum, Pengelolaan kepegawaian;
  2. Koordinasi dan penyusunan bahan kerja sama, publikasi, dan hubungan masyarakat;
  3. Penatausahaan surat menyurat, kegiatan Pengelolaan barang, perlengakapan dan tugas umum lainnya;
  4. Administrasi kepegawaian, kerasipan dan protocol, perjalanan dinas;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Penyusunan analisis kebutuhan pegawai;
  7. Penyiapan usulan pengadaan, penempatan dan mutase pegawai;
  8. Pelaksanaan urusan tugas pembantuan di bidang Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga yang meliputi usu kenaiakn pangkat dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, serta pendataan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitasi pelaksanaan kegiatan kesiswaan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitasi pelaksanaan akreditasi pendidikan anak usia dini, pendidikan Dasar, dan pendidikan non formal, fasilitasi pelaksanaan kegiatan kesiswaan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitasi pengembangan karier pendidik, penyiapan bahan rekomendasi izin pendirian dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini kerja sama, dan tugas-tugas pembantuan lainnya;
  9. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok membantu sekretaris menyiapkan, menghimpun dan mengelolah penatausahaan urusan rumah tangga dan kepegawaian.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan dan barang milik daerah di bidang pendidikan, pemuda dan olah raga;
  2. Pelaksanaan verifikasi, perbendaharaan dan pelaporan Keuangan;
  3. Penyusunan realisasi pehitungan anggaran dan gaji;
  4. Pembinaan dan evaluasi pelaksanaan tugas bendahara dan membantu bendahara serta pengelola Keuangan lainnya;
  5. Penyelenggaraan tindak lanjut atas laporan hasil pemeriksaan aparat pengawasan internal dan eksternal Pemerintah;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Bidang Pembinaan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal

Bidang Pembinaan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal  dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan Perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Bidang Pembinaan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan dibidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anaj usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. Pembinaan pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini, dan pendidikan nonformal;
  3. Penyusunan bahan Penetapan kurikulum muatan local pendidikan nonformal;
  4. Penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan, dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  5. Penyusunan bahan Pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anka usia dini, dan pendidikan nonformal;
  6. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  7. Pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini, dan pendidikan nonformal;
  8. Pelaksanaan Pembinaan dan pengembangan PAUD dan pendidikan nonformal;
  9. Penyusunan petunjuk teknis penyelenggaraan kegiatan PAUD dan pendidikan nonformal;
  10. Pelaksanaan pengawasan pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Kepenilikan;
  11. Fasilias pemberian bantuan kepada Kelompok masyarakat dan organisasi yang melaksanakan PAUD dan Pendidikan nonformal;
  12. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian serta pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Bidang Pendidikan Dasar, terdiri dari :

  1. Seksi Kurikulum dan Penilaian;
  2. Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
  3. Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;

Seksi masing-masing dipimpin oleh seorang kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun, mengelola dan mengembangkan kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. Penyusunan bahan Penetapan kurikulum muatan local dan kriteria penilaian pendidikan nonformal;
  3. Penyusunan bahan Pembinaan pelaksanaan kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  4. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan penilain pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  5. Pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran perimbangan kepada atasan seuai bidang tugasnya;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang menyiapkan, menghimpun, mengelola dan mengembangkan kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. Penyusunan bahan Pembinaan kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  3. Penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan, dan penutupan satuan pendidikasn anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  4. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan penilain pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  5. Pelaporan di bidang kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang menyiapkan, menghimpun, mengelola dan mengembangkan peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. Penyusunan bahan Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  3. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  4. Pelaporan di bidang Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar

Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan Perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan dibidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  2. Penyusunan bahan Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter peserta didik sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama;
  3. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter peserta didik sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama;
  4. Pelaporan di bidang Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter peserta didik sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, terdiri dari :

  1. Seksi Kurikulum dan Penilaian;
  2. Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasaran;
  3. Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter.

Seksi masing-masing dipimpin oleh seorang kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan Perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian mempunyai fungsi, meliputi :

  1. Penyusunan bahan Perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama;
  2. Penyusunan bahan Penetapan kurikulum muatan lokal dan kriteria penilaian sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama;
  3. Penyusunan bahan Pembinaan pelaksanaan kurikulum dan penilaian sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama;
  4. Penyusunan bahan Pembinaan Bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah kabupaten;
  5. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan penilain sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama;
  6. Pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama;
  7. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran perimbangan kepada atasan seuai bidang tugasnya;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang menyiapkan, menghimpun, mengelola dan mengembangkan kelembagaan dan sarana prasarana Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kelembagaan, sarana dan prasarana Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama;
  2. Penyusunan bahan Pembinaan kelembagaan dan sarana prasarana Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama;
  3. Penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan, dan penutupan satuan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama;
  4. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan penilain Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama;
  5. Pelaporan di bidang kelembagaan dan sarana prasarana Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang menyiapkan, menghimpun, mengelola dan mengembangkan peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter peserta didik Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama;
  2. Penyusunan bahan Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama;
  3. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama;
  4. Pelaporan di bidang Pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Bidang Pembinaan Ketenagaan

Bidang Pembinaan Ketenagaan  dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan Perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan pendidikan nonformal.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, sekolah Dasar, sekolah menengah pertama dan pendidikan nonformal;
  2. Penyusunan bahan kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, sekolah Dasar, sekolah menengah pertama dan pendidikan nonformal;
  3. Penyusunan bahan rencana kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, sekolah Dasar, sekolah menengah pertama dan pendidikan nonformal;
  4. Penyusnan bahan Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, sekolah Dasar, sekolah menengah pertama dan pendidikan nonformal;
  5. Penyusunan bahan rekomendasi pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan dalam kabupaten;
  6. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi di bidang Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, sekolah Dasar, sekolah menengah pertama dan pendidikan nonformal;
  7. Pelaporan dibidang Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, sekolah Dasar, sekolah menengah pertama dan pendidikan nonformal;
  8. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Bidang Pembinaan Ketenagaan, terdiri dari :

  1. Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal;
  2. Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar;
  3. Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Pertama.

Seksi masing-masing dipimpin oleh seorang kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal mempunyai tugas pokok pokok membantu Kepala Bidang dalam penyusunan bahan Perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, dan pendidikan nonformal.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. Penyusunan bahan rencana kebutuhan, rekomendasi pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  3. Penyusunan bahan Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  4. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Pembinaan pendidik dan tenaga kepandidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam penyusunan bahan Perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah Dasar.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar;
  2. Penyusunan bahan rencana kebutuhan, rekomendasi pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar;
  3. Penyusunan bahan Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar;
  4. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Pembinaan pendidik dan tenaga kepandidikan sekolah dasar;
  5. Pelaporan dibidang Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan Sekolah Dasar;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Pertama  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam penyusunan bahan Perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah menengah pertama.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Pertama mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Penyusunan bahan Perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah menengah pertama;
  2. Penyusunan bahan rencana kebutuhan, rekomendasi pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah menengah pertama;
  3. Penyusunan bahan Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah menengah pertama;
  4. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Pembinaan pendidik dan tenaga kepandidikan sekolah menengah pertama;
  5. Pelaporan dibidang Pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah menengah pertama;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Bidang Pemuda dan Olahraga

 

Bidang Pemuda dan Olahraga  dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pemuda dan olah raga.

Dalam menyelenggarakan tugas, Kepala Bidang Pemuda dan olah raga mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan/atau memfasilitasi kegiatan di bidang pemuda dan olah raga, meliputi:

  1. Pelaksanaan pembinaan, bimbingan dalam rangka pengembangan kegiatan kepemudaan dan olahraga;
  2. Pemantauan dan pengevaluasian program kegiatan kepemudaan dan olahraga;
  3. Falisitasi sarana dan prasarana dibidang olahraga dan pemuda;
  4. Penyelenggaraan kegiatan pembinaan dan pengembangan generasi muda, kesiswaan dan keolahragaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  5. Pelaksanaan pendataan organisasi/club pemuda dan olahraga;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

Bidang Pemuda dan Olahraga, terdiri dari :

  1. Seksi Pengembangan Potensi Kepemudaan;
  2. Seksi Pemberdayaan Keolahragaan dan Permainan Tradisional;
  3. Seksi Pembinaan Olahraga Prestasi.

Seksi  masing-masing dipimpin oleh seorang kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Kepala Seksi Pengembangan Potensi Kepemudaan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pengembangan potensi kepemudaan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pengembangan Potensi Kepemudaan mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang pendataan dan statistik pendidikan, meliputi:

  1. Pelaksanaan pembinaan, bimbingan dan strategi pengembangan potensi pemuda;
  2. Pelaksanaan bantuan sarana pengembangan potensi pemuda;
  3. Pendataan organisasi/club pemuda dan olahraga;
  4. Pembuatan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  5. Pelaksanaan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Keolahragaan dan Permainan Tradisional  mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pemberdayaan keolahragaan dan permainan tradisional.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pemberdayaan Keolahragaan dan Permainan Tradisional mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang pemberdayaan keolahragaan dan permainan tradisional, meliputi:

  1. Pengidentifikasian club olahraga dan permainan tradisional yang ada di masyarakat;
  2. Pelaksanaan monitoring dan pembinaan keolahragaan dan permainan tradisional;
  3. Pelaksanaan pembinaan bimbingan olahraga prestasi;
  4. Pemassalan olahraga masyarakat yang bersifat 5 (lima) M;
  5. Pelaksanaan koordinasi pada instansi, organisasi club olahraga dan permainan tradisional;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Seksi Pembinaan Olahraga Prestasi  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pembinaan olahraga prestasi.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pembinaan Olahraga Prestasi mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang pembinaan olahraga prestasi, meliputi:

  1. Pelaksanaan pembinaan bimbingan olahraga prestasi;
  2. Pelaksanaan pembibitan (pengkaderan) dan pembinaan olahragawan berbakat;
  3. penyelenggaraan kompetisi olahraga;
  4. mengindentifikasi bakat dan potensi pelajar dalam olahraga;
  5. pelaksanaan pendataan prestasi olahraga yang dicapai;
  6. pelaksanaan kemitraan dan kerjasama dengan dunia usaha dan masyarakat dalam rangka pembinaan keolahragaan;
  7. pelaksanaan evaluasi dan menyusun laporan;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.