Susunan organisasi Dinas Komunikasi Informatika, Statistik Dan Persandian, terdiri dari:

  1. Kepala Dinas;
  2. Sekretariat, terdiri dari;
    1. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan;
    2. Sub Bagian Umum & Kepegawaian.
  3. Bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi, terdiri dari:
    1. Seksi Penataan Ruang Media Telekomunikasi & Elektronik;
    2. Seksi Pembinaan & Pengawasan;
    3. Seksi Media Elektronik & Media Cetak.
  4. Bidang Pelayanan Media & Informatika, terdiri dari:
    1. Seksi Pelayanan Media & Sandi;
    2. Seksi Pengolahan Data & Statistik;
    3. Seksi Pembinaan & Pengawasan.
  5. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD);
  6. Kelompok Jabatan Fungsional.

Tugas Pokok dan Fungsi

Kepala Dinas

Dinas Komunikasi Informatika, Statistik Dan Persandian dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang memiliki tugas pokok membantu Kepala Daerah menyelenggarakan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian berdasarkan prinsip otonomi dan tugas pembantuan sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan/atau berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik Dan Persandian mempunyai fungsi mengkoordinir, mengarahkan, membimbing, membina dan memberdayakan unsur manajemen satuan kerja perangkat daerah bidang Kominfo, Statistik dan Persandian, yang meliputi :

  1. Perumusan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah serta petunjuk pelaksanaan, petunjuk operasional dan petunjuk tekhnis pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  2. Pengorganisasian renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  3. Pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  4. Pengendalian dan pemantauan pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  5. Evaluasi pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  6. Pelaporan hasil pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  7. Pemberian saran dan pertimbangan tekhnis kepada atasan tentang pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  8. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Unit Pelaksana Teknis;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan daerah.

Sekretariat

 

Sekretariat dipimpin oleh seorang sekretaris mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas melakukan koordinasi dan/atau memfasilitasi pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian yang berhubungan dengan urusan dalam organisasi meliputi perencanaan, evaluasi, pelaporan, dan pengelolaan keuangan serta pelayanan administrasi.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, sekretaris mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan/atau memfasilitasi unsur manajemen satuan kerja perangkat daerah bidang Kominfo, Statistik dan Persandian khususnya urusan dalam, meliputi :

  1. Bahan penyusunan RKA, DPA, dan dokumen perencanaan perumusan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah serta petunjuk pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  2. Pelaksanaan, pengorganisasian, pemantauan dan pengendalian kebijakan yang meliputi bidang umum dan administrasi kepegawaian, penatausahaan keuangan, dan pelayanan teknis perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  3. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas pokok dan fungsi secara berkala dan periodik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada atasan;
  4. Pemberian saran dan pertimbangan teknis kepada atasan tentang pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Sekretariat Dinas Komunikasi Informatika, Statistik Dan Persandian, terdiri dari:

  1. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan dan Kuangan;
  2. Sub Bagian Umum & Kepegawaian.

Sub Bagian  masing-masing dipimpin oleh seorang kepala sub bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan dan Kuangan s mempunyai tugas pokok membantu sekretaris menyiapkan, menghimpun dan mengelolah serta melaksanakan urusan dalam organisasi khususnya penatausahaan perencanaan, evaluasi, pelaporan dan Keuangan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan dan Keuangan mempunyai fungsi membantu sekretaris melaksanakan tatalaksana urusan perencanaan, evaluasi, pelaporan dan keuangan, meliputi :

  1. Pengkoordinasian penyelenggaraan perencanaan program dan kegiatan di lingkup dinas;
  2. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dalam lingkup dinas;
  3. Penyusunan Rencana Kerja (Renja), Renstra SKPD, RKA SKPD, DPA SKPD, penetapan kinerja, LAKIP, LPPD;
  4. Pengumpulan, pengolahan dan pengkajian data bahan evaluasi dan pelaporan;
  5. Pelaksanaan koordinasi penyusunan anggaran Dinas;
  6. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan tentang anggaran;
  7. Pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan;
  8. Pelaksanaan kegiatan penatausahaan perintah pembayaran anggaran;
  9. Pelaksanaan pembukuan dan urusan kas;
  10. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
    1. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Sub Bagian Umum & Kepegawaian mempunyai tugas pokok membantu sekretaris menyiapkan, menghimpun dan mengelolah serta melaksanakan urusan dalam organisasi khususnya penatausahaan urusan rumah tangga dan kepegawaian.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Sub Bagian Umum & Kepegawaian mempunyai fungsi membantu sekretaris melaksanakan tatalaksana urusan rumah tangga dan kepegawaian, meliputi :

  1. Penatausahaan surat menyurat, kegiatan pengadaan dan kebutuhan barang, perlengkapan dan tugas umum lainnya;
  2. Administrasi kepegawaian, kearsipan dan protokol, perjalanan dinas;
  3. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Bidang Pemberdayaan Media dan Telekomunikasi

Bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi  dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas Dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi, meliputi:

  1. Pelayanan usaha jasa pos fila teli teknologi informatika dan telekomunikasi;
  2. Pemberian izin dan pengawasan usaha jasa titipan;
  3. Pemberian izin dan pengawasan penyelenggaraan Instalasi Kabel Rumah (IKR) atau Instalasi Kabel Komunikasi (IKK);
  4. Pemberian izin galian untuk keperluan penggelaran kabel telekomunikasi dalam satu Kabupaten;
  5. Pemberian izin usaha, penetapan tarif izin usaha dan jasa usaha di bidang radio dan televisi;
  6. Pemberian izin usaha, penetapan tarif dan jasa usaha di bidang televisi labil;
  7. Pemberian izin jasa usaha pos dan jasa usaha telekomunikasi;
  8. Pelaksanaan pengujian terhadap alat perangkat pos dan telekomunikasi di daerah;
  9. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi, terdiri dari:

  1. Seksi Penataan Ruang Media Telekomunikasi & Elektronik;
  2. Seksi Pembinaan & Pengawasan;
  3. Seksi Media Elektronik & Media Cetak.

Seksi  masing-masing dipimpin oleh seorang kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Kepala Seksi Penataan Ruang Media Telekomunikasi & Elektronik  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang penataan ruang media telekomunikasi & elektronik.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Penataan Ruang Media Telekomunikasi & Elektronik mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang penataan ruang media telekomunikasi & elektronik, meliputi :

  1. Pelaksanaan kegiatan pengendalian dan pengawasan usaha telekomunikasi dan fasilitas frekuensi radio;
  2. Pemberian bimbingan dan petunjuk teknis dalam kegiatan usaha telekomunikasi;
  3. Penerbitan izin penyelenggaraan Instalasi Kabel Rumah (IKR);
  4. Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi yang bersifat Lokal;
  5. Penyelenggaraan khusus dan pemasangan jaringan TV Kabel;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Seksi Pembinaan & Pengawasan  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pembinaan & Pengawasan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pembinaan & Pengawasan mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pembinaan & Pengawasan, meliputi:

  1. Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap jasa usaha titipan;
  2. Pelaksanaan bimbingan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan jaringan telekomunikasi yang bersifat lokal;
  3. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi terhadap kegiatan filateli;
  4. Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap pemberian izin usaha dan penetapan tarif jasa usaha di bidang Radio dan Televisi;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Seksi Media Elektronik dan Media Cetak mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Informasi & Pengolahan Data Elektronik.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Media Elektronik dan Media Cetak mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Informasi dan Pengolahan Data Elektronik, meliputi :

  1. Penerbitan izin usaha penetapan tarif dan jasa usaha di bidang Radio dan Televisi;
  2. Pemberian izin usaha penetapan tarif dan jasa usaha dan pengawasan peredaran Film, Rekaman Video dan sejenisnya;
  3. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

Bidang Pelayanan Media dan Informatika

Bidang Pelayanan Media dan Informatika  dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas Dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Media & Informatika.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Bidang Pelayanan Media dan Informatika mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Media & Informatika, meliputi:

  1. Pelayanan informasi kepada masyarakat melalui media elektronik dan media cetak;
  2. Pembinaan terhadap media dan kelompok komunikasi masyarakat;
  3. Penyiapan fasilitas pengumpulan dan pengolahan data dalam penyusunan program;
  4. Pemantauan data statistik dan laporan hasil kegiatan;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

Bidang Pelayanan Media dan Informatika, terdiri dari:

  1. Seksi Pelayanan Media dan Sandi;
  2. Seksi Pengolahan Data dan Statistik;
  3. Seksi Pembinaan dan Pengawasan.

Seksi dipimpin oleh seorang kepala seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Kepala Seksi Pelayanan Media dan Sandi mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Media & Sandi.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pelayanan Media dan Sandi mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Media & Sandi, meliputi :

  1. Pelayanan informasi melalui Penerangan Keliling, pemutaran Film, Ceramah dan Diskusi, Anjangsana;
  2. Sosialisasi produk hukum dan kebijakan Pemerintah;
  3. Pelayanan Sound System;
  4. Penerimaan dan pengiriman sandi dan pencatatan segala kegiatan persandian, termasuk pencatatan berita/ radiogram yang bersifat rahasia untuk diserahkan kepada petugas sandi;
  5. Pengumpulan dan pengolahan data serta informasi yang berhubungan dengan bidang Sandi serta melakukan pencatatan/ agenda, berita-berita/radiogram baik yang diterima maupun yang dikirim dari Provinsi dan Pusat dan mendistribusikannya;
  6. Pemeliharaan alat-alat sandi, pengamanan terhadap informasi serta pengamanan terhadap administrasi informasi sandi dan dokumen alat-alat sandi serta pengembangan sistem dan alat-alat sandi;
  7. Pembinaan kemampuan personil sandi termasuk kesejahteraan petugas sandi;
  8. Pengaturan teknis opersional sarana komunikasi dan melakukan usaha-usaha dalam rangka meningkatkan kelancaran hubungan sandi;
  9. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Seksi Pengolahan Data dan Statistik  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pengolahan data dan statistik.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pengolahan Data dan Statistik mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang pengolahan data & statistik, meliputi :

  1. Pengumpulan, mengidentifikasi dan menganalisa data;
  2. Penyusunan data statistik terhadap pelaksanaan program dan kegiatan;
  3. Penyajian data statistik, modal investasi loket;
  4. Pengklasifikasian dan pengelompokan data berdasarkan jenis, materi dan sifatnya;
  5. Pengkoordinasian penyelenggaraan data elektronik;
  6. Pendokumentasian hasil-hasil pelaksanaan program dan kegiatan;
  7. Pengumpulan data APBD SKPD tahun berjalan;
  8. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Seksi Pembinaan dan Pengawasan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pembinaan dan pengawasan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pembinaan dan Pengawasan, meliputi:

  1. Pelaksanaan kajian serta pengumpulan data terhadap aspirasi masyarakat sebagai bahan umpan balik atas kebijakan Pemerintah Daerah;
  2. Pelaksanaan kegiatan administrasi pemberdayaan kelompok komunikasi masyarakat;
  3. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.