Majene- Mengusung tema utama,” Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, Pelaksanaan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-93 tingkat Kabupaten Majene digelar di Assamalewuang Kabupaten Majene, Rabu (22/12/2021).

Peringatan Hari Ibu ini dilakukan sesuai keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959, yang memutuskan Hari ibu ini bukan sebagai hari libur nasional, namun dijadikan sebagai tonggak sejarah perjuangan perempuan sebagai pejuang, sebagai ibu rumah tangga, yang merebut dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

Saat pelaksanaannya, mengawali acara dibuka dengan bersama sama menyanyikan lagu indonesia raya, disusul dengan pembacaan sejarah singkat lahirnya hari ibu, yang dibacakan oleh Dr.St.Maria Ulfah.,S.Pd.,M.Pd.

Di Indonesia, hari ibu diperingati setiap 22 Desember, untuk mereflek kembali peran seorang ibu dalam keluarga, baik kepada suami, anak maupun lingkup sosialnya.

Ketua TP PKK Majene, Hj.Najmah B.Fattah Andi Syukri, S.Ag.MM., menuturkan peringatan hari ibu juga sebagai momentum untuk mengenang semangat perjuangan kaum perempuan, baik dalam mengusir penjajah maupun mengisi kemerdekaan. Peran ibu pada masa sekarang tampaknya makin meningkat bersama dengan itu, makin berat pula tantangan yang kita hadapi, Ditengah-tengah semakin berkembangnya teknologi yang semakin canggih, ibu ibu juga bisa merasakan, betapa hebat dampak dari perkembangan teknologi tersebut dikeluarga kita ini, bahkan masalah kaum bapak pun sudah menjadi bagian dan permasalahan para ibu untuk itu kami menghimbau, “janganlah kaum bapak menganggap kecil peranan kaum Ibu, sebab tanpa kita ibarat burung takkan pernah terbang sempurna, ibarat burung takkan pernah terbang perkasa” Kata Ketua TP PKK Kabupaten Majene.

ia juga menambahkan, bahwa tanggung jawab ibu sekarang tidak hanya terbatas pada tanggung jawab dapur dan tempat tidur saja lebih dari itu sudah tiba saatnya kaum ibu membantu para bapak, jika perlu membantu tugas Bapak diluar rumah, dikantor, bahkan kalau perlu juga di medan perang, ungkap Hj Najmah B.Fattah Andi Syukri, S.Ag.MM.

Bupati Majene, Andi Achmad Syukri Tammalele, dalam sambutannya ia mengajak semua perempuan untuk maju terus dan mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri sehingga bersama laki laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa.

Rangkaian peringatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kab.Majene, Unsur FORKOPIMDA, Ketua Pengadilan Negri Majene, Ketua Pengadilan Agama Majene, Sekretaris Daerah Kabupaten Majene, Staf Ahli dan para Asisten Sekda, Pimpinan OPD lingkup Kab.Majene, Pimpinan Instansi Vertikal, Camat Se-Kab.Majene, Lurah dan Kepala Desa Se Kec.Banggae Banggae Timur, Ketua TP PKK Kecamatan Dan Ketua Organisasi Wanita Se-Kab.Majene.

Setelah acara pelaksanaan, dilaksanakan pemberian penghargaan dan fhoto bersama.