Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Manado bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Pemkab Majene menyelenggarakan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang kominkasi dan informatika untuk SDM Majene yang dilaksanakan di Villa Bogor, Senin, 14 oktober 2019.  Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Majene Lukman, Kadiskominfo Majene Ahmad Rafly Nur, dan Kepala BLK Majene Sirajuddin.

 

SKKNI menawarkan sertifikasi untuk 3 bidang profesi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yaitu Junior Web Programmer, Junior Network Administrator/ Network Technician, dan Digital Imaging/ Digital Artist. Ke-3 profesi sertifikasi kompetensi yang diujikan tersebut merupakan bidang yang strategis dan banyak dibutuhkan di lapangan kerja dunia industri.

Para peserta yang mengikuti sertifikasi akan mendapatkan 2 sertifikat yaitu sertifikat keikutsertaan dari BPSDM Kominfo Manadao, dan bagi peserta yang lulus uji kompetensi pada akhir kegiatan akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sebagai bukti penguasaan kompetensi yang dimiliki.

Secara khusus, SKKNI diprioritaskan bagi angkatan muda, khususnya yang membutuhkan dukungan pemerintah dalam rangka meningkatkan kapasitas dan mencari pekerjaan agar mempunyai daya saing lebih dan mampu berperan luas di masyarakat.

(diskominfomajene)