Struktur organisasi Badan Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, terdiri dari:

  1. Kepala
  2. Sekretaris, terdiri dari:
    1. Sub Bagian Keuangan;
    2. Sub Bagian Perencanaan;
    3. Sub Bagian Umum dan Kepegawain.
  3. Bidang Mutasi, terdiri dari:
    1. Sub Bidang Kepangkatan;
    2. Sub Bidang Mutasi;
    3. Sub Bidang Status Kepegawaian.
  4. Bidang Formasi Dan Sistem Informasi Kepegawaian, terdiri dari:
    1. Sub Bidang Perencanaan Formasi dan Seleksi;
    2. Sub Bidang Pengolahan  Data  Pegawai;
    3. Sub Bidang Informasi Dokumentasi dan Pelaporan.
  5. Bidang Kesejahtraan Dan Pembinaan Disiplin Aparatur, terdiri dari:
    1. Sub Bidang Kesejahtraan Dan Status Hukum;
    2. Sub Bidang Pembinaan Dan Penghargaan Aparatur;
    3. Sub Bidang Admistrasi Kepegawaian.
  6. Bidang Diklat dan Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur, terdiri dari:
    1. Sub Bidang Kajian dan Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur;
    2. Sub Bidang Diklat Struktural;
    3. Sub Bidang Diklat Teknis Fungsional Dan Pendidikan Umum.
  7. Kelompok Jabatan Fungsional.

Tugas Pokok dan Fungsi

Kepala Badan

Badan Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia  dipimpin oleh seorang kepala badan yang mempunyai tugas pokok membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan kewenangan bidang kepegawaian dan pendidikan dan pelatihan daerah berdasarkan prinsip otonomi dan tugas pembantuan sesuai dengan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah dan atau berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok  Kepala Badan Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia mempunyai fungsi mengkoordinir, mengarahkan, membimbing, membina dan memberdayakan unsur manajemen satuan kerja perangkat daerah bidang kepegawaian dan diklat daerah, meliputi:

  1. Perumusan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah serta petunjuk pelaksanaan, petunjuk operasional dan petunjuk teknis pelaksanaan kewenangan Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah;
  2. Pengorganisasian restra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah;
  3. Pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah;
  4. Pengendalian dan pemantauan pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah;
  5. Evaluasi pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah;
  7. Pemberian saran dan pertimbangan teknis kepada atasan tentang pelaksanaaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah;
  8. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi unit pelaksanaan teknis;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan olah pimpinan daerah;

 

Sekretariat

Sekretariat  dipimpin oleh seorang sekretaris yang mempunyai tugas pokok membantu kepala badan melakukan koordinasi dan atau memfasilitasi pelaksanaan kewenangan Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia yang berhubungan dengan urusan dalam organisasi meliputi perencanaan, evaluasi, pelaporan, pelayanan, administrasi dan pengolahan Keuangan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, sekretaris mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan atau menfasilitasi unsur manajemen satuan kerja perangkat daerah Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia khususnya urusan dalam, meliputi:

  1. Bahan penyusunan RKA, DPA, dan dokumen perencanaan perumusan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah serta petunjuk pelaksanaan, petunjuk operasional dan petunjuk teknis pelaksanaan kewenangan Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah;
  2. Pelaksanaan pengorganisasian, pemantauan dan pengendalian kebijakan yang meliputi : Bagian Umum   dan Administrasi Kepegawaian, penatausahaan ke uangan, pelayanan teknis perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  3. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas pokok dan fungsi secara berkala dan periodik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada atasan;
  4. Pemberian saran dan pertimbangan teknis kepada atasan tentang pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah;
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Sekertariat Badan Pendapatan Daerah, terdiri dari :

  1. Sub Bagian Keuangan;
  2. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Laporan;
  3. Sub Bagian Umum dan Kepegawain.

Sub Bagian  masing masing dipimpin oleh seorang kepala sub bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada sekertaris.

Kepala Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris menyiapkan, menghimpun dan mengelolah serta melaksanakan urusan dalam organisasi khususnya penatausahaan Keuangan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok,  Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi membantu sekeratris malaksanakan tatalaksana urusan penyusnan program meliputi :

  1. Pelaksanaan koordinasi penyusunan anggaran;
  2. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan analisis pelaporan tentang anggaran;
  3. Pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan ;
  4. Pelaksanaan kegiatan penatausahaan perintah pembayaran anggaran;
  5. Pelaksanaan pembukaan dan urusan kas;
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya ;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pada atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Laporan, mempunyai tugas pokok membantu sekertaris menyiapkan, menghimpun dan mengelola serta melaksankaan urusan organisasi khususnya penatausahaan urusan rumah tangga dan kepegawaian.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok,  Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Laporan mempunyai fungsi membantu sekertaris melaksanakan tatalaksana urusan rumah tangga dan kepegawaian meliputi :

  1. Pengkoordinasian perencanaan program dan kegiatan di lingkup Badan Kepegawian dan Diklat Daerah;
  2. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dalam lingkungan Badan Kepegawian dan Diklat Daerah;
  3. Penyusunan rencana kerja (Renja), Renstra SKPD, RKA SKPD, DPA SKPD, penetapan kinerja, LAKIP, LPPD;
  4. Pengumpulan, pengolahan dan pengkajian data bahan evaluasi dan pelaporan;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris menyiapkan, menghimpun dan mengelolah serta melaksanakan urusan dalam organisasi khususnya penatausahaan urusan rumah tangga dan kepegawaian.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok,  Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawain mempunyai fungsi membantu sekertaris melaksanakan Penatausahaan keuangan meliputi :

  1. Penatausahaan surat menyurat, kegiatan pengadaan dan kebutuhan barang perlengkapan dan tugas umum lainnya ;
  2. Administrasi kepegawaian, kearsipan protokol, perjalanan dinas;
  3. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

Bidang Mutasi

Bidang Mutasi dipimpin oleh seorang kepala bidang mempunyai tugas pokok membantu kepala badan dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Bidang Mutasi.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok,  kepala bidang Mutasi mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan atau memfasilitasi kegiatan di bidang mutasi, meliputi:

  1. Perencanaan dan penyelengaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Mutasi;
  2. Pembinaan dan melaksanakan kegiatan di Bidang Mutasi;
  3. Pengkoordinasian penyelenggaraan program dan kegiatan di Bidang Mutasi;
  4. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan;
  5. Pelaksanaan monitoring dan inventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah
  6. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya;

 

Bidang Mutasi, terdiri dari :

  1. Sub Bidang Kepangkatan;
  2. Sub Bidang Mutasi;
  3. Sub Bidang Status Kepegawaian

Sub bidang sebagai mana  masing – masing dipimpin oleh seorang kepala sub bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Mutasi.

Kepala Sub Bidang Kepangkatan,  mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengelolah melaksanakan kegiatan di bidang kepangkatan.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok,  membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengelolah melaksanakan kegiatan di bidang kepangkatan mempunyai fungsi :

  1. Pengumpulan data bahan dan penyusunan usulan kenaikan pangkat;
  2. Pengolahan data kepangkatan dalam daftar kepangkatan;
  3. Pengkoordinasian, pengkajian, pengarahan dan bimbingan teknis proses kepangkatan;
  4. Pelaksanaan monitoring dan inventrisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

 

Kepala Sub Bidang Mutasi,  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun, mengelola dan melaksanakan kegiatan dibidang mutasi.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok,  kepala Sub Bidang Mutasi mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana sub bidang mutasi
  2. Penyiapan bahan analisis dan evaluasi jabatan
  3. Inventarisasi jabatan dan pemangku jabatan structural dan fungsional
  4. Penyiapan bahan pelaksanaan mutasi dan promosi jabatan
  5. Pelaksanaan mutasi dan pengambilan sumpah jabatan structural
  6. Pelaksanaan administrasi perpindahan pegawai
  7. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya ;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

Kepala Sub Bidang Status Kepegawaian,  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun, mengelola dan melaksanakan kegiatan dibidang status kepegawaian.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok,  kepala Sub Bidang Status Kepegawaian mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana sub bidang status kepegawaian
  2. Pelaksanaan penyusunan berkas pembuatan SK CPNS
  3. Pelaksanaan peralihan status kepegawaian dari CPNS ke PNS
  4. Pelaksanaan Pengambilan sumpah dan janji PNS
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya ;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

Bidang Formasi dan Sistem Informasi Kepegawaian

Bidang Formasi dan Sistem Informasi Kepegawaian dipimpin oleh seorang kepala bidang mempunyai tugas pokok membantu kepala badan dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang formasi dan sistem informasi kepegawaian.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok,  kepala Bidang Formasi dan Sistem Informasi Kepegawaian mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan atau memfasilitasi kegiatan di bidang mutasi, meliputi:

  1. Perumusan kebijakan teknis dan rencana seleksi pegawai;
  2. Pengkoordinasian penyusunan dan analisis kebutuhan, formasi , rencana seleksi pengadaan pegawai;
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan seleksi pengadaan dan pengangkatan pegawai
  4. Pengkoordinasian penyediaan dan pengolahan date base pegawai dan aplikasi ke dalam sistem informasi pegawai;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya ;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya;

 

Bidang Formasi dan Sistem Informasi Kepegawaian, terdiri dari :

  1. Sub Bidang Perencanaan Formasi dan Seleksi;
  2. Sub Bidang Pengolahan  Data  Pegawai;
  3. Sub Bidang Informasi Dokumentasi dan Pelaporan.

Sub bidang  masing – masing dipimpin oleh seoarang kepala sub bidang yang berada dibawah daan bertanggungjawab kepada kepala Bidang Formasi dan Sistem Informasi Kepegawaian.

 

Kepala Sub Bidang Perencanaan Formasi dan Seleksi,  mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengelolah serta melaksanakan kegiatan di bidang perencanaan formasi dan seleksi penerimaan pegawai.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok,  kepala Sub Bidang Perencanaan Formasi dan Seleksi mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan atau memfasilitasi kegiatan di bidang perencanaan  formasi dan seleksi penerimaan pegawai, meliputi:

  1. Penyiapan data/bahan penyusunan formasi kebutuhan pengadaan pegawai;
  2. Pelaksanaan seleksi penerimaan pegawai;
  3. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Sub Bidang Pengolahan  Data  Pegawai  mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang data sistem informasi pegawai.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok  kepala Sub Bidang Pengolahan  Data  Pegawai mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan data bahan penyusunan data base pegawai;
  2. Pengolaan dan pemeliharaan data bahan pegawai untuk kebutuhan perencanaan dan pengembangan pegawai;
  3. Pelayanan data dan sosialisasi sistem informasi kepegawaian;
  4. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

 

Kepala Sub Bidang Informasi Dokumentasi dan Pelaporan  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan bidang informasi, dokumentasi dan pelaporan.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok  kepala Sub Bidang Informasi Dokumentasi dan Pelaporan mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan kegiatan sub bidang informasi, dokumentasi dan pelaporan
  2. Penyusunan Daftar Urut Kepangkatan
  3. Penyediaan informasi dan Penyimpanan data kepegawaian
  4. Penyusunan laporan sebagai bahan informasi publik
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Bidang Kesejahteraan dan Pembinaan Pegawai

Bidang Kesejahteraan dan Pembinaan Pegawai dipimpin oleh seorang kepala bidang mempunyai tugas pokok membantu kepala badan dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang kesejahteraan dan pembinaan pegawai.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, kepala Bidang Kesejahteraan dan Pembinaan Pegawai mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan atau memfasilitasi kegiatan di bidang mutasi, meliputi:

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang kesejahteraan dan pembinaan kepegawaian;
  2. Pengkoordinasian penyusunan analisis rumusan kesejahteraan dan pembinaan kepegawaian;
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan administrasi kepegawaian
  4. Pengkoordinasian penyelesaian status kedudukan hokum kepegawaian;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya ;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya;

Bidang Kesejahteraan dan Pembinaan Pegawai, terdiri dari :

  1. Sub Bidang Kesejahtraan Dan Status Hukum;
  2. Sub Bidang Pembinaan Dan Penghargaan Aparatur;
  3. Sub Bidang Admistrasi Kepegawaian.

Sub bidang masing – masing dipimpin oleh seoarang kepala sub bidang yang berada dibawah daan bertanggungjawab kepada kepala Bidang Kesejahteraan dan Pembinaan Pegawai.

Kepala Sub Bidang Kesejahtraan Dan Status Hukum  mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang kesejahteraan dan status hukum.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok  kepala Sub Bidang Kesejahtraan Dan Status Hukum mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang kesejahteraan dan status hukum, meliputi:

  1. Penyusunan rencana sub bidang kesejahteraan dan status hukum
  2. Penyelenggaraan pelayanan kesejahteraan pegawai baik material maupun non material
  3. Pelaksanaan penyelesaian Bapertarum PNS, dan pengusulan dan penyelesaian Taspen;
  4. Pelaksanaan kajian/analisis dalam penyusunan tambahan penghasilan PNS
  5. Penyusunan data/bahan kegiatan bidang kesejehteraan dan status hukum
  6. Pelaksanaan Pemberhentian pegawai
  7. Pelaksanaan pengusulan pensiun pegawai
  8. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

 

Kepala Sub Bidang Pembinaan Dan Penghargaan Aparatur  mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pembinaan dan Penghargaan Aparatur.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok  kepala Sub Bidang Pembinaan Dan Penghargaan Aparatur mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana sub bidang Pembinaan dan Penghargaan Aparatur
  2. Penyelenggaraan pembinaan pegawai melalui peningkatan disiplin sistem absensi dan penyebarluasan peraturan di bidang kepegawaian
  3. Penyiapan bahan-bahan yang berkaitan dengan pelanggaran disiplin pegawai dan membuat surat peringatan hukuman disiplin pegawai berdasarkan peraturan yang berlaku setelah diputuskan oleh pejabat yang berwenang
  4. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

 

Kepala Sub Bidang Admistrasi Kepegawaian  mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang administrasi kepegawaian.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok sebagaimana,  kepala Sub Bidang Admistrasi Kepegawaian mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana sub bidang administrasi kepegawaian
  2. Pelaksanaan pengurusan permohonan kartu istri/kartu suami dan kartu pegawai sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku
  3. melayani dan mengurus administrasi kepegawaian terkait permohonan perizinan dan cuti kepegawaian
  4. Penyiapan bahan-bahan yang berkaitan dengan pelanggaran disiplin pegawai dan membuat surat peringatan hukuman disiplin pegawai berdasarkan peraturan yang berlaku setelah diputuskan oleh pejabat yang berwenang
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

Bidang Diklat dan pemberdayaan Sumber Daya Aparatur

 

Bidang Diklat dan pemberdayaan Sumber Daya Aparatur dipimpin oleh seorang kepala bidang mempunyai tugas pokok membantu kepala badan dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang diklat & Pemberdayaan Sumberdaya Aparatur.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, kepala Bidang Diklat dan pemberdayaan Sumber Daya Aparatur mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang Diklat & Pemberdayaan Sumberdaya Aparatur;
  2. Perencanaan dan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di Bidang Diklat & Pemberdayaan Sumberdaya Aparatur
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan di Bidang Diklat & Pemberdayaan Sumberdaya Aparatur;
  4. Pelaksanaan koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan program dan kegiatan di Bidang Diklat & Pemberdayaan Sumberdaya Aparatur;
  5. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan;
  6. Pelaksanaan monitooring dan inventarisasi permasalahan-permasalahan yang ber- hubungan dengan bidang tugasnya dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah
  7. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

Bidang Diklat dan pemberdayaan Sumber Daya Aparatur, terdiri dari :

  1. Sub Bidang Kajian dan Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur;
  2. Sub Bidang Diklat Struktural;
  3. Sub Bidang Diklat Teknis Fungsional Dan Pendidikan Umum.

Sub bidang sebagai mana  masing – masing dipimpin oleh seoarang kepala sub bidang yang berada dibawah daan bertanggungjawab kepada kepala Bidang Diklat dan pemberdayaan Sumber Daya Aparatur.

Kepala Sub Bidang Kajian dan Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur,  mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan dibidang kajian & Pemberdayaan Sumberdaya Aparatur.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok kepala Sub Bidang Kajian dan Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur mempunyai fungsi, meliputi:

  1. Pengumpulan bahan penyusunan rencana di bidang kajian & Pemberdayaan Sumberdaya Aparatur;
  2. Penyiapan dan pengolahan bahan perumusan kebijakan Teknis Di bidang kajian & Pemberdayaan Sumberdaya Aparatur;
  3. Penyusunan analisis kajian kebutuhan diklat;
  4. Perumusan rencana strategis pelaksanaan diklat aparatur;
  5. Pelaksanaan kegiatan pengembangan kompetensi
  6. Pelaksanaan kegiatan seleksi jabatan
  7. Pengkoordinasian dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya

Kepala Sub Bidang Diklat Struktural, mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan dibidang diklat struktural.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, kepala Sub Bidang Diklat Struktural mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan diklat prajabatan dan diklat struktural;
  2. Penyiapan bahan fasilitasi tenaga pengajar, peserta dan bahan pengajaran diklat prajabatan dan diklat struktural;
  3. Pelaksanaan penataan kebutuhan diklat struktural;
  4. Pelaksanaan pelayanan dan pengelolaan administrasi seleksi diklat struktural;
  5. Pelaksanaan pelayanan dan pengelolaan administrasi diklat prajabatan dan diklat struktural;
  6. Penyiapan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga diklat Pemerintah dan/atau lembaga Pemerintah lainnya dalam penyelenggaraan diklat prajabatan dan diklat struktural;
  7. Pelaksanaan pendataan/inventarisasi alumni diklat struktural sesuai dengan kompetensi yang terbentuk dan tujuan pembelajaran yang telah diikuti;
  8. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas ;
  9. Pemberian saran pertimbangan kepada atasan tentang langkah- langkah dan tindakan-tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya;
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Sub Bidang Diklat Teknis Fungsional Dan Pendidikan Umum  mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang diklat teknis, fungsional dan pendidikan umum.

Dalam menyelenggrakan tugas pokok,  kepala Sub Bidang Diklat Teknis Fungsional Dan Pendidikan Umum mempunyai fungsi :

  1. Pengumpulan data bahan penyusunan kebutuhan diklat teknis, fungsional dan pendidikan umum;
  2. Penyiapan dan pengolahan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang diklat teknis, fungsional dan pendidikan umum
  3. Pengkajian dan analisis data bahan dan seleksi peserta diklat teknis dan fungsional;
  4. Penyusunan pola pembinaan karier serta pendidikan pegawai;
  5. Penyiapan sarana prasarana dan pengkoordinasian pelaksanaan diklat fungsional;
  6. Penyiapan dan pengolahan bahan perumusan kebijakan teknis serta melaksanakan dan mengendalikan program kegiatan izin dan tugas belajar dan pendidikan umum lainnya
  7. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.