Bupati Majene Fahmi Massiara melakukan perjalanan menuju Desa Popenga Kecamatan Ulumanda pada Rabu, 25 September 2019 untuk melaksanakan sejumlah agenda yaitu menghadiri maulid nabi, melaksanakan penanaman bawang putih, dan pemberian pakan bibit ikan mas dan nila.

Bupati dan rombongan yang terdiri dari Dandim, Kapolres, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, Kadis Ketahanan Pangan, Kepala BKAD dan sejumlah pejabat terkait lainnya tiba di Dusun Urekang Desa Popenga tepat tengah hari saat azan Dzuhur berkumandang setelah menempuh perjalanan selama 5 jam dari Banggae.

Hanya mobil berpenggerak 4 roda yang bisa melalui jalan

Perjalanan bermula dari Banggae Pukul 7 menuju Tabojo, Persimpangan menuju Desa Popenga. Dari Tabojo, perjalanan dilanjutkan menggunakan 4 unit mobil Hardtop mengingat kondisi jalan tidak memungkinkan untuk dilalui selain mobil yang berpenggerak 4 roda. Beruntung cuaca pada hari itu cukup cerah, karena bila hujan akan semakin menyulitkan dan bahkan membahayakan perjalanan menuju desa terluar di Majene tersebut.

Maulid Nabi

Setelah melaksanakan shalat dzuhur di masjid Darul Aman Dusun Urekang, Bupati kemudian menghadiri maulid nabi yang dilaksanakan di tempat tersebut.

Suasana shalat Dzuhur, disini shalat 5 waktu selalu ramai mirip shalat Jumat

Fahmi Massiara dalam sambutannya pada pelaksanaan maulid menghimbau kepada petani agar memamfaatkan bantuan bibit bawang putih dari Kementerian Pertanian dengan sebaik-baiknya.

“Potensi Kecamatan Ulumanda sangat bagus, Tammerodo juga sempat direncakan jadi lokasi penanaman bawang putih, tapi karena kondisinya tidak sesuai dengan persyaratan lokasi yang salah satunya mengharuskan ketinggian 800 mdpl, maka kemudian kita fokus ke Ulumanda,” kata Fahmi.

Sambutan masyarakat terhadap Bupati

“Karena kecocokan Ulumanda dengan bawang putih sehingga para kelompok tani harus bisa memamfaatkan keistimewaan dan bantuan ini dengan semaksimal mungkin dengan melakukan pemeliharaan yang terbaik,” lanjutnya.

Selain itu, Bupati juga bersyukur infrastruktur tiang dan jaringan listrik sudah masuk sampai Desa Popenga, walaupun belum dialiri listrik. Dengan adanya listrik, tentu akan meningkatkan pola hidup masyarakat

“Kalo sudah ada listrik, masyarakat bisa membeli dan menikmati layanan televisi, sehingga masyarakat akan memiliki akses informasi akan terbuka luas, dan masyarakat akan semakin tercerdaskan,” kata Fahmi.

Bupati memberikan sambutan dalam acara maulid

Disamping semua kelebihan yang dimiliki Kecamatan Ulumanda, salah satu kendala utama adalah kondisi jalan yang masih sangat memprihatinkan. Jalan ke Ulumanda merupakan jalan yang menghubungkan antar kabupaten sehingga statusnya adalah Jalan Provinsi yang berarti tanggung jawab untuk pembangunan dan perbaikannya ada di tingkat provinsi.

“Walaupun potensi bagus, tapi kalau kondisi jalan tidak bagus akan tetap menyulitkan semua aspek yang terkait dengan transportasi, seperti pengadaan bibit, pupuk dan obat-obatan, hingga penjualan hasil panen,” kata Fahmi.

Penanaman Bawang Putih

Setelah menghadiri maulid, Bupati kemuduan menuju Dusun Popenga untuk melakukan penanaman bawang putih.

Dalam acara penanaman tersebut, Kadis Pertanian, Burhan menjelaskan bahwa bantuan bibit bawang putih dari Kementerian Pertanian ini bertujuan agar nantinya Ulumanda dapat menjadi sumber bibit dari daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Barat, karena itu petani tidak usah mengkhawatirkan masalah pemasaran karena pasar sudah tersedia.

Bupati dan rombongan melakukan penanaman bawang putih secara simbolis

“Menteri berharap Ulumanda akan menjadi sumber bibit pada tahun 2020, karena itu kami menghimbau masyarakat untuk betul betul memperhatikan tanamannya, karena kalau dari segi bibit, ini sudah bibit unggul, tinggal tergantung pemeliharaannya. Karena kalau ini berhasil, bukan hanya sektor pertanian yang akan diuntungkan tapi terkait juga dengan sektor lain seperti perdagangan dan transportasi,” jelas Burhan

Menurut Burhan, dengan harga pasar 72 Ribu Rupiah per kilogram potensi bawang putih sangat bagus untuk dikembangkan.

“Potensi bawang putih itu 13 kali lipat dari bibit, tapi kita berhitung minimal saja, 5 kali lipat saja sudah memberikan keuntungan,” katanya.

Kadis Pertanian, Burhan, ketiga dari kiri

Dalam bantuan ini, Kementan memberikan bibit seberat 78 ton untuk menanami lahan seluas 175ha di 3 desa di Kecamatan Ulumanda yang memenuhi persyaratan teknis yaitu Desa Tandeallo, Ulumanda, dan Popenga.

“Sebetulnya bibit itu hanya cukup untuk menanami setengah dari luas lahan keseluruhan, karena diperlukan bibit 1ton/ha, sementara dengan jumlah bibit saat ini hanya tersedia sekitar 446 Kg efektif per hektarnya, sisanya pemerintah mengharapkan agar nantinya petani dapat menyediakan secara swadaya, jadi jika nanti panen pada bulan Februari, maka sebagian hasilnya akan disisihkan sebagai bibit untuk menanami lahan yang belum mendapatkan bibit,” Jelas Burhan.

Pemberian Pakan Benih Ikan

Setelah penanaman bawang putih, Bupati kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke salah kolam kelompok tani tambak untuk melakukan pemberian pakan benih ikan Mas dan Nila yang sudah disebar beberapa hari sebelumnya.

Sebanyak 8000 ekor bibit ikan disebar di beberapa kolam milik 8 kelompok pembudidaya di Desa Popenga. Pengadaan benih tersebut menggunakan dana kecamatan merupakan hasil pendampingan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan terhadap permohonan kelompok pembudidaya ikan air tawar.

(diskominfomajene)